Guru Madrasah Ajarkan Nilai Berkurban Pada Anak Didiknya

Karanganyar – Momentum Hari Raya Idul Adha 1437H benar-benar dimanfaatkan oleh Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Bulak, Gondangrejo, Karanganyar untuk menanamkan nilai-nilai spiritual pada anak didiknya. Melalui hewan kurban yang disembelihnya, ratusan siswa-siswi MIM Bulak Gondangrejo diajarkan tentang sejarah keteladanan Nabi Ibrahim As, nilai-nilai yang terkandung didalamnya hingga nilai berbagi pada sesama.

Penyembelihan hewan kurban yang diprakarsai oleh Kepala Sekolah MIM Bulak, Alfian Eko Rochmawan tersebut dilakukan pada hari tasyrik, (13/09). Dengan mengambil tema menanam nilai-nilai keislaman dengan saling berbagi, penyembelihannya dikemas dalam bentuk kegiatan bakti sosial Idul Adha 1437H.

Disampaikan oleh Alfian bahwa hewan kurban yang disembelihnya itu merupakan sumbangan dari berbagai lembaga pendidikan, organisasi Islam serta siswa-siswi dan Guru MI Muhammadiyah Bulak Gondangrejo.

“Ada 9 ekor kambing dan 60 paket daging sapi yang dibagikan kepada 255 penerima yang berasal dari berbagai daerah di Kecamatan Gondangrejo. Sebagian besar dari penerima itu adalah warga yang kurang mampu,” ucap Alfian.

Lebih lanjut Kepala Madrasah muda itu berharap murid-muridnya dapat mengerti tentang sejarah kurban, tata cara berkurban, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. “Tentunya untuk kedepan harapan dan doa dari pendidik yakni agar seluruh murid memiliki kesadaran yang tinggi untuk berbagi dengan sesama dalam bentuk berkurban,” tandasnya.

Melihat banyak unsur dari Kementerian Agama yang melakukan bakti sosial di tempat yang berbeda selama momen Idul Adha 1437H ini, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar merasa bangga. Menurutnya, keterbatasan yang ada pada pegawai Kementerian Agama bukanlah menjadi halangan untuk dapat berbagi dan bermanfaat untuk masyarakat.

Terlihat dari suasana pelaksanaan bakti sosial di MIM Bulak Gondangrejo, baik pendidik maupun anak didiknya mulai dari kelas I – VI sangat antusias mengikuti penyembelihan hewan kurban. (hd/gt)