Guru Madrasah harus Berupaya Meningkatkan Kualilas

BLORA, – Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal, karena minat, bakat, kemampuan, dan potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik tidak akan berkembang secara optimal tanpa bantuan guru.

Untuk itu, guru perlu memperhatikan peserta didik secara individual, karena antara satu peserta didik dengan yang lain memiliki perbedaan yang sangat mendasar dan selain itu , untuk meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah,guru perlu membantu pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.

Demikian diungkapkan Plt Kepala kankemenag Blora, HM Fatah dalam acara peningkatan Mutu Pendidik madrasah di Aula Kankemenag Blora Rabu (30/1) di hadapan guru MI se-Kabupaten Blora.

Menurutnya, guru memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk kepribadian anak, guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia yang berkwalitas. Sehingga guru madrasah juga harus berpacu dalam pembelajaran, dengan memberikan kemudahan belajar bagi seluruh peserta didik, agar dapat mengembangkan potensi mereka secara optimal.

“ guru itu harus kreatif, professional, dan menyenangkan, dengan memposisikan diri sebagai orang tua yang penuh kasih sayang pada peserta didiknya, teman, tempat mengadu, dan mengutarakan perasaan bagi peserta didik maupun fasilitator yang selalu siap melayani peserta didik sesuai minat, kemampuan, dan bakatnya”paparnya serius.

Fatah juga menandaskan bahwa untuk mengimplementasikan tuntutan di atas, guru harus mampu memaknai pembelajaran, serta menjadikan pembelajaran sebagai ajang pembentukan kompetensi dan perbaikan kualitas pribadi peserta didik dan  ada beberapa peran guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah, yakni guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih,penasehat, pembaharu ( innovator ), model dan teladan, peneliti, pendorong kreatifitas, maupun  pekerja rutin.

“Adapun Guru sebagai pembimbing harus memiliki kompetensi yang tinggi yakni guru harus merencanakan tujuan dan dan mengidentifikasikan kompetensi yang hendak dicapai,  guru harus melihata keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran,  guru harus memaknai kegiatan pembelajaran, serta  melaksanakan penilaian”jelasnya.

Hal senada diungkapkan fathul Himam, Kasi pendidikan Madrasah kankemenag Blora yang menyatakan bahwa sebagai seorang guru madrasah , hendaknya harus mampu bekerja dengan dengan keterampilan ( skill) , dan kebiasaan tertentu, serta kegiatan rutin yang harus dikerjakan guru dalam pembelajaran guna meningkatakan mutu pendidikan di Madrasah antara lain bekerja tepat waktu baik diawal maupun akhir pembelajaran, Membuat catatandan laporan sesuai dengan standar kinerja dan waktu, Membaca, mengevaluasi dan mengembalikan hasil kerja peserta didik, Mengatur kehadiran peserta didik dengan penuh tanggung jawab, Mengatur jadwal, kegiatan harian, mingguan, semesteran, dan tahunan, mengembangkan kegiatan kelompok dan diskusi, Menetapakan jadwal kerja peserta didik., Menyiapakn bahan-bahan pembelajran, kepustakaan, dan media pembelajaran , dan Melaksanakan latihan-latihan pembelajaran.

“ guru yang profesional harus mampu menciptakan iklim belajar yang kondusif,serta pembelajaran yang produktif, aktif,inovatif, kreatif ,dan menyenangkan dan Jika guru dapat menciptakan situasi pembelajaran yang kondusif dan mampu mengaplikasikan  profesionalisme guru kami yakin peningkatan mutu pendidikan di Madrasah akan dapat terwujud”ungkapnya. (ima/bd)