Guru Madrasah Harus Profesional, Berkarakter Dan Menyenangkan

Pati – Guru memiliki peranan penting dalam proses pendidikan di sekolah karena bagus atau tidaknya proses pembelajaran sangat tergantung bagaimana guru mengemas kegiatan pembelajaran tersebut. Dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, bahwa proses pendidikan di antaranya harus menyenangkan. Dengan adanya suasana yang menyenangkan akan berpengaruh terhadap kenyamanan siswa mengikuti kegiatan pembelajaran. Atas dasar itu, Kemenag Pati bekerjasama dengan Kelompok Kerja Guru Madrasah Aliyah se Korwil MAN 1 Pati menyelenggarakan kegiatan seminar kompetensi guru MA Kabupaten Pati dengan tema: “Membangun Guru Madrasah Yang Profesional, Berkarakter, dan Menyenangkan di Abad 21” yang bertempat di hotel New Merdeka Pati, Rabu (27/02).

Kegiatan tersebut diikuti kurang lebih 275 guru madrasah yang terdiri dari ASN dan guru Madrasah Aliyah (MA) sertifikasi se Korwil MAN 1 Pati. Pada seminar pendidikan tersebut, panitia menghadirkan narasumber di antaranya, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati (Imron Rosyidi), Kepala Subbag Tata Usaha Kemenag Pati (Ahmad Syaiku), dan Kasi Penmad Kemenag Pati (Imam Suhadi) serta pengawas MA Kabupaten Pati.

Ketua Panitia Moh. Kodri, yang juga Kepala MAN 1 Pati mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Kemenag dengan KKG MA Korwil MAN 1 Pati dalam mendorong terwujudnya pembelajaran yang menyenangkan. Selain dari itu, seminar tersebut menjadi indikator adanya peran serta masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidik khususnya di Kabupaten Pati yang secara tidak langsung telah membantu program pemerintah.

Di sela-sela mengakhiri pembicaraannya, Kodri selaku ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung kelancaran seminar pendidikan terutama kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi terhadap suksesnya acara seminar tersebut. Ia berkomitmen kegiatan serupa akan terus dilaksanakan dalam rangka mendorong peningkatan mutu pendidikan.

Sementara dalam sambutan arahan Kepala Kankemenag Kab. Pati, Imron Rosyidi memberikan apresiasi kepada KKG MAN 1 Pati atas kerjasama dalam menyelenggarakan kegiatan seminar pendidikan ini. “KKG sebagai organisasi profesi bagi guru madrasah memandang bahwa seminar ataupun pelatihan perlu dikembangkan sebagai langkah untuk mendorong peningkatan kompetensi guru,” tandasnya.

“Kami berharap guru guru madrasah terus mengembangkan diri meningkatkan kompetensi sehingga menjadj guru abad 21 yang siap membekali anak anak didik berkiprah pada masanya yang berbeda dengan kita,” katanya.

Lebih lanjut ia berpesan para guru hendaknya juga mempunyai kemauan untuk menjadi pembelajar. “Mari kita tumbuhkan kesadaran untuk terus belajar jika guru berhenti belajar tidak lagi berhak di ruang kelas. Jadi kita harus terus menerus menjadi pembelajar,” tegas Imron yang mendapat sambutan antusias para peserta yang hadir.

Hemat Imron, keberhasilan guru dan anak didik tidak dilihat semata dari rapor yang dihasilkan hari ini. “Keberhasilan dapat dilihat bila anak kita tumbuh potensinya tidak dari rapor saja. Sebab gambaran keberhasilan anak kita juga pada perbaikan akhlak atau karakternya,” tandasnya. (Am/Wul)