Guru Madrasah Ikuti Pelatihan Cetak Guru Berkualitas MAI Foundation

Mungkid – MI Maarif Kenalan Kec. Borobudur bekerja sama dengan Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation melaksanakan program pelatihan pengembangan kompetensi guru di Kenalan, Borobudur, 7 s.d. 8 Juli 2017.

Pelatihan diikuti oleh 24 guru MI dan RA di wilayah kecamatan Borobudur. Hadir dalam kegiatan tersebut Pengawas Pendidikan Islam Ismadi, Kepala MI Maarif Kenalan Sulasman, Kepala Desa Kenalan, Komite Sekolah, dan sejumlah tokoh masyarakat.

“Melalui tema Cetak Guru Berkualitas, diharapkan para guru mampu mempraktikkan dalam pembelajaran di kelas masing-masing. Para guru dibekali bagaimana cara mengajar dengan baik, memilih model dan metode dengan tepat untuk meningkatkan interaksi dalam pembelajaran,” papar Sulasman.

“Diharapkan para guru lebih menikmati proses pembelajaran dan berdampak pada meningkatnya pemahaman siswa saat belajar,” lanjutnya.

Sulasman menyampaikan bahwa para guru sangat antusias dalam mengikuti pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini.

“Pelatihan disampaikan dengan metode yang menyenangkan membuat para guru menikmati proses interaksi dalam pelatihan. Berbagai metode dilakukan seperti ceramah terstruktur, simulasi pembelajaran, membuat skenario pembelajaran, video inspiratif,  praktikum, olah vokal, olah tubuh dan olah nafas. Para guru bukan hanya mendapatkan teori namun juga dipraktikkan langsung saat pelatihan,” papar Sulasman.

Trainer dari MAI Foundation Fachruddin Imam, menyampaikan bahwa hasil pelatihan dapat diimplementasikan, tidak sekedar menginspirasi tetapi menjadi bekal dalam mengajar.

“Pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan oleh para guru, sehingga hasil pelatihan dapat diimplementasikan di dalam kelas masing-masing, bukan hanya menjadi inspirasi namun menjadi bekal mengajar”, ungkap Fachruddin yang merupakan trainer nasional bidang pendidikan.

“Selain pelatihan guru, kami juga melakukan pengukuran Sekolah Berdaya, sebagai dasar pembinaan sekolah ini agar terlihat peningkatan setelah satu tahun program nantinya”, jelasnya lebih lanjut.

Sulasman berharap pelatihan tersebut dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga meningkatkan kualitas madrasah di kecamatan Borobudur.

Selain memberikan pelatihan, MAI Foundation memberikan bantuan pembangunan 2 ruang kelas baru untuk kegiatan belajar mengajar.

“Terima kasih atas bantuannya berupa pembangunan 2 kelas baru, apresiasi kepada guru berupa pemberian uang pendampingan, dan pelatihan guru bahagia. Kalau ditotalkan, Rp.  133.280.000,00 telah MAI berikan untuk kami,” jelas Sulasman dalam sambutan Peresmian Ruang Kelas MI Al Ma’rif, Jumat, (7/7/2017).

GM MAI Foundation Abdul Ghofur, n menyampaikan komitmen lembaganya dalam pengembangan mutu pendidikan. “Peningkatan kualitas manajemen sekolah dan guru menjadi perhatian kami, untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.” paparnya. (m45k/Af)