Guru MI Karanganyar Raih Penghargaan Anugerah Konstitusi 2017

Karanganyar – Supriyadi, guru kelas 4A MI Muhammadiyah Karanganyar ini berhasil meraih penghargaan Anugerah Konstitusi Tahun 2017. Anugerah Konstitusi adalah penghargaan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia bagi guru berprestasi tingkat nasional di bidang pengembangan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Malam Anugerah Konstitusi Tahun 2017 ini dilaksanakan pada Jumat (10/11) di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi Cisarua Bogor Jawa Barat. Tropi Anugerah Konstitusi diberikan langsung oleh Ketua Mahkamah Konstitusi, Prof.Dr. H.Arif Hidayat, SH,MS.

Penerima Anugerah Konstitusi adalah guru SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA yang telah lolos seleksi mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Kementerian. Dalam Malam Anugerah Konstitusi tersebut Supriyadi meraih anugerah berhasil menyisihkan grand finalis lainnya yang merupakan guru-guru terbaik dari seluruh Indonesia.

Supriyadi yang mempunyai senyum khas ini adalah alumni Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Terbuka.

Sejumlah prestasi telah diraih Supriyadi diantaranya adalah sebagai Juara 1 Lomba Blog Guru tingkat Nasional dalam National Olympiad for Student and Teacher di Universitas Muhammadiyah Purwokerto Tahun 2013, Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Guru tingkat Kabupaten Karanganyar dalam Gebyar Muktamar Muhammadiyah ke-47 Tahun 2015, Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam rangka HUT Kabupaten Karanganyar yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karanganyar Tahun 2015, dan Juara 1 (Medali Emas) bidang Penelitian Tindakan Kelas dalam Olimpiade Ahmad Dahlan tingkat Nasional di Bandar Lampung Tahun 2017. 

Selain itu, Supriyadi juga beberapa kali berkesempatan menjadi pembicara dalam forum pelatihan Pembelajaran Aktif, pelatihan Pembelajaran Aktif Menggunakan TIK, dan juga pelatihan Pendidikan Karakter. Di MI Muhammadiyah Karanganyar, selain sebagai wali kelas, ia mendapatkan tugas membantu Wakil Kepala Bidang Humas dengan aktif sebagai pengelola web milik sekolah yaitu mimkaranganyar.sch.id dan serta pengelola klub Olimpiade IPA MI Muhammadiyah Karanganyar.

Di sela-sela kesibukannya, Supriyadi juga aktif meng-upload best practices yang telah dia laksanakan di kelasnya di personal web blog miliknya yaitu  supriyadikaranganyar.wordpress.com.

“Datang dan kunjungi web blognya ya,” tutur suami dari Nur Arifah Rokhayati dan ayah dari Zuha Hauriyah Zanjabil (8 tahun) dan Zabdan Akram Hanepati (8 bulan).

Saat ini Supriyadi sedang proses menyelesaikan studinya di Sekolah Pascasarjama Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Selain itu, Guru Berprestasi yang lahir tanggal 8 Juni 1980 dan tinggal di Jurangrejo Ngadiluwih Matesih Karanganyar ini juga aktif sebagai fasilitator United Agency for International Development (USAID) program Desentralize Basic Education (DBE) dan juga USAID program Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesias Teachers, Administrators, and Students (PRIORITAS) Central Java. (ida-hd/Wul)