Guru MI, MTs dan MA Kecamatan Gringsing Ikuti KMD

* Sekretaris Kwarcab Batang Supriirianto sedang melepas tanda peserta KMD pada acara penutupan kegiatan itu

Batang – Untuk mengetahui dan memahami dasar sebagai Pembina Pramuka sesuai ketentuan AD/ART Gerakan Pramuka, para guru MI,MTs maupun MA, se kecamatan Gringsing mengikuti kegiatan Kursus Pembina Mahir Dasar (KMD) yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Gringsing di SMA Negeri 1 Gringsing dari Selasa – Sabtu (5-9/10) kemaren. Kegiatan itu dilatih langsung oleh tim Pelatih Pusat Pendidikan Dan Latihan Daerah (Pusdiklatda) Jawa Tengah dan tim Pelatih Pusat Pendidikan Dan Latihan Cabang (Pusdiklatcab) Batang.

Ketua KKMI Kecamatan Gringsing Much. Rachmat Rifa’i dalam keterangannya mengatakan bahwa pihaknya melihat kegiatan KMD itu sangat positif karena bisa menghasilkan para pembina yang mempunyai kemampuan dibidang kepramukaan  mulai dari prinsip, metode dan filosofi kepramukaan dengan baik.

“ Kami memandang positif penyelenggaraan KMD itu, sehingga kami mengajak pada seluruh MI untuk mengirimkan Pembina Pramuka terbaiknya untuk mengikutinya, kami melihat mereka yang dikirim juga sangat menikmati kegiatan itu semoga para peserta KMD kususnya dari madrasah akan dapat menjadi Pembina pramuka yang mengetahui prinsip dasar dan metode kepramukaan untuk ditularkan pada peserta didiknya,” kata Much Rachmat Rifa’i

Dia berharapan semua guru yang telah menjadi pembina pramuka itu bisa menularkan ilmunya kepada sesama guru dan menggiatkan kegiatan latihan pramuka di gudep dengan teratur sehingga menghasilkan generasi pramuka yang  SENSOSIF (Spiritual emosional, Sosial, intelektual dan fisik) yang baik.

Senada dengan Ketua KKMI Gringsing, Kepala MI Islamiyah Ketanggan Nur Koyin menyampaikan bahwa KMD itu dapat menambah pengetahuan tentang kepramukan pada para calon pembina pramuka kususnya di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.

“ Kami mengikutsertakan guru untuk mengikuti KMD itu selain sebagai salah satu syarat pengakuan sebagai seorang Pembina Pramuka, juga yang lebih penting lagi mereka dapat menambah pengetahuan dasar Pramuka sehingga akan lebih giat dan bervariasi lagi saat membina peserta didiknya,” tuturnya.

* Salah satu materi KMD adalah game yang dilaksanakan dilapangan

Selain itu dia juga menegaskan dengan KMD itu para Pembina akan lebih bersemangat untuk membina peserta didik dilingkungannya masing-masing sehingga akan meningkatkan kualitas kader pramuka dimasa yang akan datang.

Sementara itu Ketua panitia KMD Muslih Ahmad dihubungi secara terpisah mengatakan KMD Kwarcab Batang di Kwaran Gringsing tahun 2021 ini sangat terasa istimewa karena peserta selain mendapat bekal dari para pelatih dari pusdiklatcab Batang juga mendapat bekal dari tim pelatih pusdiklatda Jawa Tengah, sehingga para peserta mendapat ilmu dan pengalaman yang luar biasa sehingga akan dapat membangkitkan ghirrah yang kuat untuk membina kepramukaan dipangkalan gudepnya lebih baik.

“KMD kali ini sangat istimewa karena para peserta diberi berbagai materi yang berkaitan dengan dasar-dasar kepembinaan yang disampaiakan tidak hanya oleh tim Pelatih Pramuka dari Pusdiklatcab. Batang saja namun juga disampaikan langsung oleh tim Pelatih Pramuka dari Pusdiklatda Jawa Tengah,” tegasnya.

Muslih berharap setelah mengikuti kegiatan KMD para Pembina akan mendapatkan bekal dasar dalam membina dan diakui sebagai pembina pramuka yang mahir tingkat dasar, sehingga meraka akan menjadi seorang pembina yang handal, kreatif, inovatif, disiplin dan bertanggung jawab guna mengembangkan ketrampilan yang diaplikasikan pada gugus depan masing-masing menuju gugus depan yang berkualitas.

“ Dengan meningkatnya kualitas pembina tentu akan berdampak kepada kualitas peserta didik untuk mencetak generasi muda yang berkarakter, untuk itu kami menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, khususnya tim pelatih yang telah memberikan bekal bagi para peserta dengan ikhlas, semoga ilmunya bermanfaat dan Barokah atas ridho Allah SWT,” pungkasnya.(Zy)