Guru PAI mendidik siswa untuk berakhlak yang baik

Klaten – Kurikulum 2013 merupakan program nasional dan merupakan pengembangan dari kurikulum sebelumnya. Seksi PAIS Kemenag Klaten menyelenggarakan Bimtek Kurikulum 2013 bagi guru PAI/Pendidikan Agama Islam SD se Kab. Klaten yang dilaksanakan dalam dua angkatan, setiap angkatan terdiri dari 40 peserta dari guru PAI SD. Untuk angkatan I dari tanggal 15-18 Oktober dan angkatan II dari tanggal 22-25 Oktober 2015 yang bertempat di Aula Al Ikhlas Kemenag Klaten, dengan nara sumber dari guru, dosen dan pejabat dari kanwil dengan metode ceramah diskusi dan praktek.

Sudarsana Kasi PAIS Kemenag Klaten menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru PAI Tingkat SD untuk Tahun Anggaran 2015 ini adalah selain untuk memberikan petunjuk kepada GPAI dalam memahami dan melaksanakan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

“Bimtek diharapkan mempu memberikan pemahaman tentang elemen perubahan kurikulum 2013 pada PAI dan memberikan pemahaman tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Acuan dalam menetukan materi pokok yang tertuang dalam Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Meningkatkan kualitas Guru PAI SD,” ungkap Sudarsana.

“Kita juga berharap, tujuan dari kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada Guru PAI SD tentang strategi Implementasi Kurikulum 2013, model-model pembelajaran PAI dan pemahaman tentang konsep scientific approach dan authentic assesment sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 PAI, sekaligus bisa mempraktekkan pembelajaran terbimbing,” tambah Sudarsana.

Guru PAI SD punya tanggung jawab untuk mendidik siswa agar berakhlak yang baik, satu kesatuan pelajaran umum dan agama, yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Penerapan akhlak harus dikedepankan, ucap Kasubbag TUAnif Solikhin dalam sambutan pembukaan bimtek.

Diharapkan guru PAI seluruh peserta bimtek dapat menerapkan dan meningkatkan pemahaman Kurikulum 2013, ucapnya.(AgusJun)