Guru PAI Perlu Bekal Teknik Membuat Soal yang Benar

Banjarnegara –  Guru merupakan profesi yang selalu berkaitan dengan pendidikan anak-anak bangsa. Ia dikatakan memiliki peran ganda. Kenapa demikian? Karena guru merupakan pendidik untuk menciptakan sikap dan perilaku yang bernilai moral dan agama serta sebagai pengajar yang bertujuan untuk menyampaikan bahan ajar, menentukan alat evaluasi belajar yang digunakan untuk menilai hasil belajar siswa.

Alat evaluasi yang berupa soal ujian perlu disusun sesuai dengan petunjuk yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, kompetensi, indikator dan standar. Tidak terkecuali  mapel Pendidikan Agama  Islam (PAI) yang di ampu  oleh guru di sekolah. Senin ini (06/03) Seksi PAI Kemenag Kabupaten Banjarnegara mengundang 70 guru  PAI dalam  Rakor Penyusunan Kisi-kisi dan Telaah Soal  Ujian USBN SMP di Aula Kantor.

Mengajarkan materi memang tugas guru, namun perlu evaluasi dari hasil pembelajaran di tuangkan kepada soal ujian dengan benar,pas dan tepat. “Disini guru juga harus menguasai materi, juga kompetensi guru seperti kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian di tambah  kompetensi leadership for  spiritality sebagai guru PAI.” papar Sumarna,selaku Kasi PAI Kankemenag.

“Jangan budayakan membuat soal dengan instan, asal asalan, bahkan dengan mengcopi soal yang sudah ada,yang notabene belum tentu sesuai dengan kuruikulum dan indikator pembelajaran,”  jelas Kasi PAI Sumarna. Dalam pembuatan soal ujian yang dibuat harus sesuai 17  kaidah pembuatan soal,  standar  isi, standar konstruksi dan standar bahasa.

Soal  pilihan ganda yang dibuat untuk memudahkan dan efsiensi, namun  perlu memperhatikan teknisnya, kaidah, standar, dan dimungkinan ada jawabaan  pengecoh, tidak ketinggalan rumus membuat kunci jawaban, sehingga tujuan dari evaluasi bisa tercapai. Disini guru diharapkan bisa membuat soal sendiri dengan benar dan tepat.

Saat rakor para  guru ditugaskan membuat soal 2-3 sesuai dengan kisi-kisi yang sudah dibuat di telaah,  dan di koreksi dan dipaparkan. Peserta guru yang lain untuk sebagai cheking apakah soal yang dibuat sudah tepat dan sesuai ketetapan indikator. Selain sebagai contoh  hasil soal yang benar di pilih untuk  dimasukkan sebagai soal latihan USBN  PAI  tahun ini.  (Nangim/Af)