Guru Profesional Mempunyai Peran Strategis

Temanggung – Guru merupakan sosok yang begitu dihormati lantaran memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Ketika orang tua mendaftarkan anaknya ke sekolah, pada saat itu juga Beliau menaruh harapan terhadap guru, agar anaknya dapat berkembang secara optimal.

Tugas guru tidak hanya mengajar, namun juga mendidik, mengasuh, membimbing, dan membentuk kepribadian siswa guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia. Demikian disampaikan.Fatah Syukur Guru Besar Pendidikan Islam  dari  UIN Walisongo Semarang ketika menyampaikan materi dalam seminar nasional tentang Peningkatan Profesionalisme guru di Temanggung, Sabtu (31/03).

“Selanjutnya  dihadapan  para  guru yang tergabung dalam PERGUNU Kabupaten Temanggung tersebut dijelaskan bahwa guru profesional mempunyai peran strategis dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia, peningkatan daya saing suatu bangsa . Untuk mewujudkan guru profesional  seorang guru harus  didukung dengan  adanya Perkembangan Teknologi Informasi (TI), adanya penegakkan kode etik guru  dan kompetensi yang standar,”pungkasnya.

Sementara itu, menurut Nur Makhsun selaku Ketua  PC Pergunu Kabupaten Temanggung bahwa kegiatan Seminar Nasional ini diselenggarakan dalam rangka Pelantikan Pengurus PC Pergunu Kabupaten Temanggung 2018-2023.

Tujuannya kegiatan ini  agar para guru dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman dari nara sumber yang kompeten untuk peningkatan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas sebagai seorang pengajar dan pendidik. (nm/sr)