Hadapi Tahun Ajaran Baru, Madrasah Harus Tampil di Depan

Sragen-Madrasah hebat, madrasah bermartabat, madrasah harus selalu melangkah untuk menjadi lebih maju demikian semboyan yang didengungkan Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Sragen, Sutopo setiap kali memberikan arahan dan pemberian semangat kepada para kepala madrasah.

Hal tersebut di atas pulalah, sebagaimana yang diungkapkan Sutopo  yang melatar belakangi Seksi Pendidikan Madrasah bekerjasama dengan KKM MI, KKM MTs, KKM MA dan pengurus IGRA untuk mengadakan Rapat Koordinasi Peningkatan Kinerja Pengelolaan Madrasah dan Persiapan PPDB Tahun Pelajaran 2018/2019 di Tawangmangu, 26-27 April.

“Sebentar lagi ujian untuk semua jenjang madrasah akan selesai, selanjutnya yang juga perlu dilakukan secara serius adalah pelaksanaan PPDB, untuk itu rakor menjadi salah satu kegiatan yang perlu kami adakan, dan tema yang kami angkat adalah Strategi Modern Pengembangan dan Pengelolaan Madrasah,” ujar Sutopo.

Rakor ini merupakan sejarah karena merupakan rakor pertama kali yang melibatkan semua jenjang dari RA/BA sampai dengan  MA, walaupun belum semua bisa mengikuti. Rakor yang diikuti peserta sebanyak 133 yang terdiri dari 20 RA/BA, 75 MI, 29 MTs, 9 MA itu menghadirkan narasumber dari Kankemenag Sragen dan Balai Diklat Keagamaan Semarang,

Rakor dibuka oleh Kakankemenag Kab.  Sragen Ahmad Nasirin. Dalam sambutan dan arahannya, Kakankemenag sangat memberi apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan rakor yang diharapkan agar semakin memajukan madrasah.

“Acungan jempol layak kita berikan kepada para pengelola madrasah, khususnya seksi Pendidikan Madrasah yang menginisiasi kegiatan ini. Madrasah harus selalu berusaha untuk selalu maju dan menjadi lebih baik, bahkan terbaik,” pesan Kakankemenag.

Selanjutnya Kakankemenag mengatakan RA/BA dan madrasah harus mempunyai identitas diri, harus memiliki kekhasan, harus memiliki keunggulan, sehingga selalu menjadi terdepan diantara yang lain.

Setelah mendapatkan pengarahan secara spesifik dan teknis dari Kasi Pendidikan Madrasah, acara diisi dengan penyampaian materi dari Balai Diklat Keagamaan Semarang dan perumusan program program dari setiap jenjang madrasah (dar/ira/Wul).