Halal bi Halal, Kita Pererat “commitment together”

PATI – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Imron, memberikan pembinaan dalam acara Halal bi-Halal keluarga besar MTsN 1 Pati, bertempat di aula madrasah setempat, Kamis (28/6/2018).

Acara tersebut di hadiri oleh para tokoh perintis MTsN Winong (sekarang MTsN 1 Pati), Pengawas Madrasah KKM 01, para ulama, tokoh masyarakat Desa Pekalongan Winong Pati, para pejuang (Kepala Madrasah, Guru, dan Pegawai yang pernah bertugas di MTsN 1 Pati), Pengurus Komite Madrasah, Guru dan Pegawai beserta keluarga, dan tamu undangan lainnya. Para tamu undangan begitu antusias dan khidmad dalam mengikuti rangkaian acara yang dimulai pukul 08.00 sampai dengan 12.10 itu.

Dalam sambutan sekaligus pembinaan dalam Halal bi-Halal yang bertajuk “Kita pererat commitment together guna mewujudkan MTsN 1 yang berkarakter dan lebih baik”, Kepala Kankemenag, Imron menyampaikan bahwa bekerja di madrasah adalah sebuah perjuangan yang harus dilandasi dengan semangat pengabdian dan jihad dengan menerima perubahan menuju madrasah yang lebih baik, lebih berprestasi, dan bermartabat.

Selain itu, ia juga berpesan khusus kepada kepala madrasah agar di dalam mencapai cita-cita besar madrasah, harus dilakukan dengan 1) merencanakan secara tuntas dengan menggali seluruh potensi yang ada, 2) mengorganisasi dan berkomunikasi dengan stakeholder, 3) jangan pernah melupakan sejarah, “kita satukan tulang-tulang berserakan” tandasnya.

Sementara itu sambutan perintis/tokoh pendiri madrasah disampaikan oleh Sujono Kholil, sedangkan mau’idhoh hasanah disampaikan oleh Kyai Ahmad Asnawi dari Kudus. Dalam mau’idhoh disampaikan bahwa tanda-tanda orang yang berhasil puasanya adalah bersih dari dosa ketika Idul Fitri, sedangkan orang yang bersih dari dosa cirinya adalah 1) tidak benci siapapun, 2) tidak dibenci siapapun, 3) tawakkal secara total, dan 4) tidak pernah takut, kecuali hanya kepada Allah. Sedangkan doa dipimpin oleh Habib Ahmad Farid Assegaf dari Jepara.

Saat ditemui di ruang kerjanya usai acara, Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak menyatakan sangat bersyukur karena acara berjalan sukses sehingga dapat bersilaturahmi dengan para tokoh, ulama, dan umara’ dalam keakraban. “Semoga ini menambah berkah bagi MTsN 1 Pati”, tegasnya. (mj/Am)