Hanya 8 Bulan, Dua Gadis Ini Sanggup Hafal Al-qur’an 30 juz

Rembang – Kabupaten Rembang mempunyai dua generasi muda yang mengangkat nama daerah garam ini ke tingkat nasional, bahkan internasional. Mereka adalah Durrotul Muqoffa dan Zumrotul Luthfiyyah. Rencananya, besok Rabu (23/1/2019), dua kakak adik ini akan berangkat ke tanah suci untuk menjalankan ibadah umroh.

Umroh ini merupakan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Rembang atas prestasi mereka selama bertahun-tahun lamanya. Sedari kecil, Ofa dan Fia, demikian mereka biasa dipanggil, memang sudah membuahkan sederet prestasi.

Putri dari KH Sulaiman, Kecamatan Sedan, Rembang  ini sudah menghafalkan Al-qur’an sedari SD. Ketika ditemui, Fia mengungkapkan, pada usia 7 tahun, dirinya sudah mampu menghafal Al-qur’an 30 juz hanya dalam waktu delapan bulan. Bebarengan dengan adiknya Durrotul Muqoffa yang waktu itu berusia 5 tahun. “Dengan dibimbing Abah dan Umi, Kami berdua menghafal AL-qur’an bersama-sama dan khatam dalam waktu delapan bulan,” kisah Fia.

Sejak itu, keduanya sudah sering mengikuti lomba di bidang tahfidz Al-qur’an, baik tingkat Kecamatan, hingga provinsi. Sampai pada suatu saat, keduanya dipanggil oleh KH Abdullah Gimnastiar dan Ustadz Yusuf Mansur untuk menghadiri sebuah acara.

“Berkat Ustadz Yusuf Mansur, kami berdua pernah tampil di sebuah acara yang waktu itu disiarkan oleh sebuah stasiun TV swasta nasional. Dan oleh jemaah Ustadz Yusuf Mansur pula, kami diumrohkan. Waktu itu kita masih sekolah MTs,” kata Fia.

Atas karunia yang diberikan Allah SWT selama ini, Fia tak berhenti bersyukur. Rasa syukurnya itu diwujudkan dengan upaya untuk terus menjaga Al-qur’an. Salah satunya dengan berkuliah mengambil jurusan Tafsir Al-qur’an di STAI Al-Anwar, Sarang.

Gadis kelahiran 6 Februari 1995 ini telah rampung mengerjakan skripsi dengan tema “Menjaga Sakinah Al-qur’an”. Bagi Fia, tak ada hal lain yang menjadi kegemarannya selain selalu bermurojaah Al-qur’an.

“Setiap ada waktu luang, saya dan saudara-saudara saya selalu bermurojaah,” ujar  Fia.

Prestasi Zumrotul Luthfiya

  1. Juara 1 tahfidz 20 juz STQ Nasional th 2017
  2. Juara 1 tahfidz 30 juz MHQ Pesantren tingkat Provinsi Jawa Tengah th 2018
  3. Juara II tafsir Bahasa Inggris MTQ tingkat Jawa Tengah th 2018

Prestasi Durrotul Muqoffa

  1. Juara 1 tahfidz  20 juz MTQN di NTB th 2016
  2. Juara 1 tahfidz 30 juz MTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah th 2017
  3. Juara II tafsir Bahasa Arab STQ tingkat Provinsi Jawa Tengah th 2018 – iq/bd