Hari Jadi Blora ke 268, DIGELAR Ziarah ke Makam Bupati Tempo Dulu

BLORA – Jelang peringatan Hari Jadi ke 268 Kabupaten Blora pada 11 Desember 2017 mendatang, Pemkab (4/12/2017) melaksanakan kegiatan ziarah ke makam Bupati tempo dulu serta beberapa tokoh pendiri Blora dengan dipimpin oleh Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar sebagai koordinator pelaksananya.

Ziarah dipimpin langsung oleh Bupati Djoko Nugroho, diikuti Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si, Ketua DPRD Ir. H. Bambang Susilo, Dandim 0721/Blora Letkol Inf. Susilo S.Sos, Wakapolres Kompol Indriyanto Dian Purnomo SH, Kepala Kemenag Blora Nuril Anwar, Sekda Drs. Bondan Sukarno MM, dan seluruh Kepala OPD.

Ada beberapa lokasi makam yang diziarahi, yang pertama adalah Makam Bupati tempo dulu Komplek Tirtonatan Desa Ngadipurwo,tempat peristirahatan terakhir RT Djayeng Tirtonoto Bupati Blora tempo dulu, Makam Syeh Abdurrohim Sunan Pojok Kelurahan Kauman, Makam Butoh Kelurahan Kunden yang ketiganya berada di Kecamatan Blora Kota, serta ke Makam Basuki Widodo di TPU Giri Mulyo Kecamatan Cepu.

Kegiatan ziarah dilakukan dengan pembacaan tahlil bersama dan tabur bunga, dan Seluruh peserta ziarah mengenakan pakaian adat Jawa Solo, yakni beskap landung tanpa keris.

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ziarah hari jadi ini merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai wujud penghormatan kepada para pemimpin yang telah berjasa membangun Kabupaten Blora di masa lalu.

“Ziarah dilakukan sebagai wujud penghormatan dan mengirimkan doa agar para tokoh dan sesepuh Blora yang telah meninggal diberikan tempat terbaik di Sisi Nya,” ucapnya.

Berdasarkan keterangan Kabag Humas dan Protokol Setda Kab.Blora, Ngaliman SP, MMA, menyatakan bahwa ziarah tidak hanya dilakukan oleh satu rombongan saja, melainkan dibagi dua.

“Khusus di makam Mr.Iskandar, Mantan Bupati Blora 1945 Makam Butoh Kelurahan Kunden dilakukan oleh Staf Ahli Bupati Purwadi Setiyono, Asisten 2 Sekda Slamet Pamudji SH, M.Hum, dan beberapa Kepala OPD. Lainnya ke Ngadipurwo, Sunan Pojok dan Cepu,” ujarnya.

Sementara Itu, Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar menyampaikan bahwa dalam kegiatan ziarah ini Kemenag ikut membantu koordinasi dengan semua pihak baik Camat maupun OPD lain terkait sehingga acara berjalan lancar dan khidmat.

Selain itu, menurutnya kegiatan ziarah luar kota akan langsung dipimpin Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar ke makam bupati dulu di Solo dan Yogyakarta pada rabu (6/12) dan rangkaian ziarah berakhir pada sabtu mendatang (9/12).

“alhamduillah acara ziarah dalam kota berjalan lancar berkat koordinasi yang baik dengan semua pihak dan kami harapkan ziarah luar kota ke makam bupati juga khidmat dan lancar”ungkapnya serius.

Setelah ziarah, rangkaian kegiatan Hari Jadi ke 268 akan berlanjut besok pada hari Kamis tanggal 7 Desember 2017 dengan Jamasan Pusaka dan Kirab Pusaka. Sedangkan puncaknya akan digelar Kirab Budaya tepat 11 Desember 2017 atau Senin depan

Pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke- 268 ini, Pemkab Blora memilih slogan “Wis Wayahe Kuncoro” sebagai awal bahwa sudah saatnya banyak kemajuan yang harus di raih daerah. (ima)

Caption Foto : Bupati dan Wakil Bupati bersama Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar menaburkan bunga ke pusara makam RMA Arjo Tjokronagoro III, Bupati Blora ke 10 dan ke makam Bupati Basuki widodo di Cepu.bl/bd