Harlah Pancasila, ASN Deklarasikan Kesetiaan

Semarang – Pada upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila ke-72 tahun 2017 yang berlangsung di halaman kantor setempat, Kamis (01/06) jajaran ASN Kemenag Kota Semarang deklarasikan kesetiaan ASN. Deklarasi yang dibacakan oleh petugas ditirukan oleh seluruh ASN peserta upacara.

Deklarasi tersebut memuat 4 (empat) point, (1) Setia dan taat pada Pancasila sebagai pandangan hidup dan ideologi negara, (2) Setia dan taat pada UUD 1945 sebagai konstitusi negara, (3) Menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI dan (4) Menghargai perbedaan dan keberagaman sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang Muh Habib yang membacakan sambutan Presiden RI dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017. Upacara berlangsung dengan khidmat diikuti oleh pejabat struktural dan fungsional, seluruh ASN internal Kemenag dan KUA se-Kota Semarang. Pada pelaksanaan upacara juga dibacakan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Setelah membacakan sambutan presiden, sebelum mengakhiri amanatnya Kakankemenag dengan tegas mengatakan, “Saya Indonesia, Saya Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Habib Indonesia, Habib Pancasila.”

Seusai upacara, Kakankemenag Kota Semarang mengutarakan, Deklarasi Kesetiaan ASN ini penting dilakukan di tengah situasi sekarang. “Sebagai aparatur negara sudah selayaknya kita menjadi teladan dan panutan dalam segala hal, termasuk setia dan patuh kepada Pancasila dan UUD 1945 serta lambang negara Indonesia. Penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi ASN wajib dilaksanakan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara termasuk dalam menjalankan tugas kedinasan,” ujarnya.

Dikatakannya bahwa Kementerian Agama adalah institusi pemerintah yang melayani semua masyarakat berbagai agama. “ASN Kementerian Agama harus menjadi contoh masyarakat dalam mengedepankan toleransi dan menghargai perbedaan. ASN Kemenag hendaknya juga berperan dalam memberikan pemahaman kepada mayarakat tentang arti pentingnya persatuan dan kesatuan serta kebersamaan dalam keberagaman,” tegas Kepala Kantor.(ch/gt)