Hasil UN Madrasah Baik, Kepercayaan Masyarakat Meningkat

Klaten – Jika hasil UN siswa-siswi madrasah memuaskan dan bisa lulus seratus persen diharapkan dapat menarik minat masyarakat bersekolah di madrasah, kepercayaan masyarakat pada madrasah akan semakin meningkat dan tinggi.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Masmin Afif disaat monitoring hari pertama pelaksanaan UN (Ujian Nasional) sekaligus memberikan pengarahan kepada pengawas UN di MTsN Klaten, Selasa (2/5).

“Harapan kita tentunya kelas IX bisa lulus semua/ lulus 100 persen, namun pelaksanaan UN ini harus tetap mengedepankan prinsip keadilan dan kejujuran dan mudah-mudahan hasilnya juga sesuai dengan harapan kita bersama”, tegasnya

Kepada para pengawas dan Kepala sekolah untuk memberikan pegawasan ujian secara baik. dengan tertib sesuai dengan aturan UN yang telah ditetapkan, tuturnya.

Masmin menambahkan, tujuan dilaksanakannya monitoring ini untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Semoga pelaksanaan ujian dari hari pertama sampai terakhir dapat berjalan dengan lancar, aman dan kondusif sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama. Mudah-mudahan para peserta ini memperoleh hasil yang baik sesuai dengan harapan.

UN MTs bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang Madrasah Tsanawiyah sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan secara nasional, serta sebagai pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu MTs, terang Masmin

Kakankemenag Klaten mengapresiasi pelaksanaan UNKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil) hari pertama telah berjalan lancar. Beliau mengingatkan para pengawas ujian untuk terus menjaga kondusifitas. Beliau juga berharap pada ujian tahun depan, bisa melaksanakan ujian dengan pola UNBK, harap orang nomor satu di Kemenag Klaten.

Hal senada juga disampaikan Kepala MTsN Klaten Nurul Qomariyah,  mudah-mudahan pada tahun depan kami bisa melaksanakan ujian dengan sistem UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Kami akan memaksimalkan segala potensi yang dimiliki untuk mencapai target dalam pelaksanaan ujian tahun depan. Tentu saja dukungan dari semua pihak dan stakeholder dunia pendidikan sangat kami harapkan, tandasnya.(aj/Wul)