Hidupkan Malam Takbiran, Kemenag Selenggarakan Takbir Akbar Virtual

Purworejo – Pemerintah melalui Kementerian Agama menggelar kegiatan Takbir Akbar Virtual untuk memeriahkan malam Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M pada Senin (19/7) mulai pukul 19.30 WIB. Acara tersebut di antaranya diikuti oleh Presiden dan Wakil Presiden.

Kepada seluruh ASN Kementerian Agama di seluruh Indonesia yang beragama Islam, Menteri Agama mengajak untuk menggemakan takbir dari rumah masing-masing. “Mari meriahkan malam Hari Raya Idul Adha dalam Takbir Akbar Virtual” kata sosok yang akrab dipanggil Gus Yaqut ini.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Fatchur Rochman, acara yang mengusung tema ‘Solidaritas Bersama untuk Indonesia Sehat’ ini sejatinya merupakan rangkaian aksi setelah terbitnya SE Menag Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M di Wilayah PPKM Darurat. “Sehingga pemerintah dalam hal ini kemenag mempunyai kewajiban moril untuk lebih menghidupkan malam takbiran. Karena itu diselenggarakan acara Takbir Akbar Virtual ini,” ungkapnya. “Mari untuk sahabat-sahabat kita ASN Kankemenag Kabupaten Purworejo, kita sukseskan acara tersebut,” lanjutnya.

Sementara itu, tampak antusiasme ASN Kankemenag Kabupaten Purworejo menyambut Takbir Akbar Virtual tersebut. Sebelum acara dimulai, hampir seluruh ASN mengunggah twibbon dengan tagar #TakbirDiRumahAja di medsos masing-masing untuk mensosialisasikan program tersebut. Dan pada saat acara tengah berlangsung, ASN Kankemenag Kabupaten Purworejo saling membagikan informasi keikutsertaan di antaranya dengan menonton siarannya melalui televisi nasional, ada pula yang terlibat langsung melalui zoom meeting, dan beberapa lainnya menyimak melalui media sosial milik Kemenag RI di antaranya melalui channel youtube dan instagram. (sgy/bd)