H.M. Aqsho Sapa Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Dan Umrah Secara Zoom Meeting

Batang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Batang menyapa Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Se-Kab. Batang dalam acara Halal Bi Halal virtual yang di selenggarakan Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh melalui media zoom pada Selasa, (18/05) .

H.M. Aqsho Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang dengan gaya santai menyapa satu persatu pengurus dan pembimbing Manasik dari 14 KBIHU, dan dalam sambutan dan uraian halal bi halalnya dia mangajak semua KBIHU untuk memberikan informasi dan ketegasan yang relefan dengan kebijakan Kemenag.

“ Mari kita bersama-sama untuk, selalu berkoordinasi dengan Kemenag dan memonitor perkembangan Jamah Calon Haji dari sisi kesehatan, menjaga  dalam Prokes 5 M  rangka kesiapan  keberangkatan, “ kata H.M Aqsho.

Dia juga menambahkan bahwa perkembangan terkini dari pemeberangkatan tahun ini begitu cepat menit demi menit, untuk itu dia mengajak agar KBIHU untuk benar-benar selalu mengupdate informasi itu agar tidak tertinggal informasi.

“ Informasi Haji sangat cepat dan dinamis, untuk itu KBIHU harus selalu update informasi dan perkembangan haji dengan selalu intens koordinasi dengan Seksi PHU, jangan semua informasi ditelan mentah, namun harus selektif dan kroscek kebenaran berita-berita tentang haji yang beredar di medsos kepada Kemenag,” tegasnya.

Juga disampaikan sebagai tugas terpenting dari KBIHU harus terus membimbing Jamaah Calon Haji dari sisi ibadah Manasik Haji dan Umroh serta ibadah Fiqh agar calon jamaah yang akan berangkat benar-benar telah siap.

Sementara itu Kasi PHU, H. Luthfi Hakim Efendi dalam keteranganya mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan untuk menjalin silaturahim dan koordinasi erat antara Kemanag Kab. Batang dan KBIHU serta sebagai penambah motivasi dalam memberikan pelayanan Haji dan Umrah kepada masyarakat.

“Masa Pandemi ini tidak mungkin kita mengumpulan semua KBIHU, maka salah satu upaya kita agar tetap terjalin hubungan yang baik antara Kemenag dengan KBIHU adalah dilaksanakan kegiatan seperti ini, semua bertujuan tidak lain adalah suksesnya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini yang situasinya sangat berbeda dengan tahun-tahun lalu karena Pandemi,”Kata H. Luthfi Hakim Efendi.

Dia juga menambahkan berkaitan dengan positip dan tidaknya tahun ini Indonesia menyelenggarakan ibadah haji, menurutnya tetap menunggu keputusan dari Kemenag pusat, yang terpenting saat ini kita menyiapkan semuanya. ( H.lutfi/ Zy )