H.M. Aqsho : Siapa Diantara ASN Yang Hadir Ini Hafal Alquran Akan Saya Beri Hadiah Bila Saya Tes Benar .

Batang – Sebagai akhir kegiatan tadarus Alquran yang dilaksanakan setiap hari menjelang Solat duhur oleh ASN Kemenag Kabupaten Batang selama bulan Ramadhan, diselenggarakan acara khatmil Quran dan memperingati Nuzulul Quran pada Kamis, ( 6/05) kemaren di aula lantai 2. Hadir dalam acara itu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang H.M. Aqsho, Ka.Subag, Para Kasi dan penyelenggara Zakat Wakaf, Kepala KUA Kecamatan, Pengawas Pendidikan dan seluruh ASN.

Acara dimulai dengan salat duhur berjamaah, dilanjutkan khatmil quran pembinaan oleh Kepala Kantor dan di akhir acara dilakukan penyerahan bantuan oleh UPZ kepada yang berhak menerima secara simbolis.

Ketua UPZ Kemenag Kab. Batang Hj, Mahmudah dalam keterangannya mengatakan bahwa acara ini diselenggarakan sebagai wujud sukur kepada Allah SWT, dimana selama bulan Ramadhan para ASN Kemenag dapat menghatamkan Alquran beberapa kali meskipun pekerjaan begitu padat.

“ Saya sangat bersukur di akhir Ramadhan ini seluruh ASN bersama-sama melaksanakan kegiatan tadarus Alquran setiap menjelang duhur dan telah dapat menghatamkannya, maka rasa syukur itu UPZ mengadakan acara khatmil quran sekaligus memperingati Nuzulul Quran,” kata Hj. Mahmudah.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang H.M Aqsho dalam pembinaanya mengatakan bahwa kegiatan ini memang saya support sejak awal, tidak hanya tadarus saja, namun Solat duhur dan asar berjamaah serta kultum dari para Penyuluh Agama Islam.

“ Kita tahu tugas-tugas kedinasan yang kita hadapi begitu banyak, kegiatan begitu padat, namun kita diberi waktu untuk istirahat sejenak, nah pada saat istirahat sejenak itu kita manfaatkan untuk bercengrama bersama dengan melakukan solat berjamaah, tadarus Alquran bersama dan mendengarkan siraman rohani dari para Penyuluh kita, insyaallah bila kita niati dengan ikhlas Allah SWT akan mencatat ibadah kita dan akan mendapatkan balasan setimpal dari-Nya, “ kata H.M Aqsho.

Dia juga mengatakan bahwa khatmil quran yang baru saja diselesaikan ini berarti baru saja kita menghatamkan Alquran dalam waktu sekejab bersama-sama dalam satu majelis. Ini merupakan sebuah bentuk ibadah yang benar-benar akan menerangi kita di yaumul kiyamah.

“ Alquran yang baru saja kita khatamkan ini pasti akan menerangi kita selama perjalanan menuju akhir perjalanan kita, ada 2 bentuk ibadah yang akan memberi jalan terang selama didunia dan di akhirat yaitu solat dan membaca Al quran, Alquran adalah pedoman hidup kita, maka kita harus berusaha setiap hari untuk membacanya, “ jelasnya.

Disela-sela pembinaanya H.M. Aqhso secara spontan menanyakan pada seluruh ASN yang hadir siapa diantara kita yang hafal Alquran , bila ada yg hafal dan saya tes benar katanya akan langsung mendapatkan hadiah.

“ Siapa yang hafal Alquran diantara ASN sebanyak ini, tunjuk jari, bila hafal dan saya tes benar, maka akan saya beri hadiah,” tegasnya.

Mendengar pertanyaan itu salah satu ASN mengacungkan jari, dia adalah Ahmad Soleh Analis Fungsional APBN dia mengatakan bahwa dirinya hapal dan siap diuji. Dengan sambutan yang hangat dari para ASN yang hadir, H.M. Aqsho membacakan beberapa ayat Alquran dan dilanjutkan oleh Ahmad Soleh sampai beberapa kali dan ternyata memang ASN itu sangat hafal dan fasih bacaannya.

Melihat momen itu secara spontan Kepala Kantor memberikan uang sebagai hadiah pada Ahmad Soleh.

“ Nah ini benar, Ahmad Soleh memang hapal apa yang saya soalkan, saya sangat mengapresiasi pada siapa saja yang khafid Alquran, karena seorang khafid di mata Allah SWT sangat disayang,” kata HM. Aqsho sambil memberikan beberapa lembar uangnya.

Diakhir acara khatmil quran ini Kepala Kantor memberikan bingkisan kepada beberapa Pegawai Non PNS serta memberikan  paket bingkisan lebaran yang merupakan sumbangan dari Bank Rakyat Indonesia Syariah (Bris) kepada beberapa Yatim piatu secara simbolis. ( Zy )