Ibadah Haji 80 Persen Merupakan Ibadah Fisik

Grobogan – Sekitar 26 dari 28 orang calon jemaah haji asal Kec. Tawangharjo Jum’at (30/11), melakukan pemeriksaaan kesehatan di Puskesmas setempat untuk mendapatkan surat keterangan kesehatan yang akan dipergunakan sebagai kelengkapan persayaratan pelunasan ongkos naik haji (ONH) dan yang 2 mengundurkan diri karena hamil.

Kepala UPT Puskesmas Tawangharjo, Drg. Rendra Mayangsari menyebutkan beberapa hal yang dapat membatalkan keberangkatan jamaah calon haji. Salah satunya, bermasalah dalam riwayat penyakit calon jamaah haji khususnya Kecamatan Tawangharjo. Dan kami sudah menyampaikan informasi terkait pemeriksaan kesehatan kepada calon jamaah haji.

“Kami memang menyampaikan informasi berkaitan pemeriksaan kesehatan kepada calon jamaah haji Kec. Tawangharjo untuk melakukan pemeriksaaan kesehatan fisik di Puskesmas agar dapat diketahui kebugaran tubuh serta kesehatan mereka, serta setelah cek kesehatan dilakukan manasik kecil yang dipandu oleh Penyuluh Agama Islam dari KUA Kec. Tawangharjo Moh Shodiq,” kata Kepala UPT Puskesmas Tawangharjo, Drg. Rendra Mayangsari.

Menurut Moh Shodiq Penyuluh Agama Islam Kec.Tawangharjo mengatakan kegiatan Pengecekan kesehatan itu sangat penting, agar dapat diketahui tingkat kebugaran maupun kesehatan fisik, sehingga saat nanti akan melakukan ibadah haji sudah siap semua. Disamping itu Penyuluh Agama Muh Shodiq, S.A Kec.  Tawangharjo memberikan semangat kepada calon jamaah haji dengan melatih manasik haji berupa berjalan kaki mengelilingi lapangan bola.

“Alhamdulillah calon jamaah haji mengikuti dengan ceria, senang dan penuh semangat, walaupun usia banyak yang senja tapi semangat tetap muda dengan mengelilingi lapangan empat kali sesuai dengan kapasitas kemampuan masing-masing sebagai latihan towaf maupun sa’i di tanah suci nanti,”ungkapnya.

Dia berpesan kepada seluruh calon jamaah Kecamatan Tawangharjo untuk tetap menjaga kesehatan, karena ibadah haji merupakan ibadah yang 80 persen merupakan ibadah yang menggunakan fisik.

“Mudah-mudahan seluruh calon jamaah haji Kabupaten Grobogan khususnya Kecamatan Tawangharjo dari mulai berangkat sampai pulangnya nanti tetap sehat dan selamat serta menjalankan proses ibadah dengan lancar sehingga menjadi haji yang mabrur,” harapnya. (bd/gt)