Idul Adha, MTsN 1 Purbalingga Bagi-bagi Kambing

Purbalingga – Esensi ibadah haji dan kurban adalah kita diajari tentang cinta, ketaatan dan kepatuhan total kepada Allah SWT. Kita pun diajari tentang keharusan untuk berkorban, mengorbankan apa saja yang ada pada diri kita semata-mata demi kemuliaan Islam dan umat Islam. Karena hal tersebut merupakan pelajaran (ibrah) dan keteladanan Nabiyullah Ibrahim As. dan Baginda Rasulullah Muhammad Saw. Hal tersebut tersirat dalam kegiatan perayaan Idul Adha di MTs Negeri 1 Purbalingga, Rabu (22/08).

Kepala MTsN 1 Purbalingga, Mundirin menjelaskan, kegiatan yang dilakukan adalah pembagian 9 ekor kambing kepada Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar dan Pondok Pesantren yang telah menjalin kerja sama dengan baik serta pemotongan hewan kurban di Madrasah. Penyerahan ke-9 ekor hewan kurban tersebut dilaksanakan Selasa (21/08), sehari sebelum penyembelihan hewan kurban dilakukan.

“Kambing yang dibagikan berjumlah 9 ekor. Untuk MI 4 ekor, untuk SD 3 ekor dan 2 ekor untuk pondok pesantren. Pemotongan hewan kurban di madrasah berupa 1 ekor sapi dari guru-guru untuk warga di sekitar madrasah, dan 3 ekor kambing untuk pengurus OSIS,” jelas Mundirin.

Ditambahkan, kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan tersebut sejalan dengan visi-misi MTs Negeri 1 Purbalingga. Juga dalam rangka penanaman jiwa sosial kepada para siswa, agar ikhlas berbagi kepada sesama, suka menolong dan gemar membantu masyarakat yang membutuhkan.

Mundirin juga mengharapkan, selain untuk menjalankan syariat Islam bagi para pegawai/guru di madrasahnya, kegiatan tersebut juga memiliki nilai syiar di masyarakat. Apalagi siswa-siswi MTs Negeri 1 Purbalingga berasal dari berbagai wilayah terutama daerah-daerah pelosok pedesaan di Kecamatan Karanganyar, Kertanegara dan sekitarnya. Pembagian hewan kurban secara rutin diharapkan bisa menambah erat jalinan komunikasi antara MTs Negeri 1 Purbalingga dengan  lembaga pendidikan lainnya baik Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah maupun Pondok Pesantren. (sar/sua)