IGRA Purbalingga Gelar Pelatihan Senam Islami Ceria

Purbalingga – Sebanyak 310 orang guru RA/BA/TA Kabupaten Purbalingga memadati Gelanggang Olah Raga (GOR) Mahesa Jenar dan dengan penuh semangat mengikuti kegiatan Pelatihan Senam Islami Ceria & Motorik Dasar untuk Tumbuh Kembang Anak yang diselenggarakan oleh Pengurus Daerah IGRA/BA Kabupaten Purbalingga, Rabu (24/01).

Ketua Pengurus Daerah IGRA/BA Kabupaten Purbalingga, Khotimah menjelaskan bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk melatih dan membantu para guru anggota IGRA/BA dalam pengembangan semangat dan kreasi para siswa.

“Saya harapkan dengan kegiatan ini para guru mampu mengembangkan semangat dan kreasi putra-putri didiknya yang selalu dipenuhi dengan karakter. Karena pendidikan anak usia dini harus selalu diikuti dengan kegiatan yang sifatnya ceria,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan sejenis yang telah diselenggarakan di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat IGRA/BA , dan dilanjutkan di tingkat provinsi.

“Tema kegiatan ini adalah Membentuk Anak RA yang semangat, kreatif, Ceria dan Islami,”tambahnya.

Instruktur kegiatan adalah Dra. Titis Sensussiana, pencipta sekaligus pelatih Senam Islami Ceria dan Motorik Dasar Anak Usia Dini dari Jakarta.

Sekretaris Pengurus Daerah IGRA/BA , Lailatul Khasanah menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh perwakilan guru dari seluruh RA/BA/TA yang ada di Kabupaten Purbalingga.

“ Dari 249 RA/BA/ TA yang ada kita wajibkan untuk mengirimkan 1 orang perwakilannya . Ditambah peserta lainnya sebanyak 43 orang, 18 orang koordinator dan 20 orang dari Pengurus IGRA/BA. Dengan kegiatan pelatihan ini nantinya peserta dapat menularkan ilmunya kepada rekan-rekan guru lainnya termasuk para siswa ,” tuturnya.

“Biaya kegiatan ini menggunakan dana swadaya mandiri anggota IGRA/BA. Besarnya Rp 100.000,00 , untuk pengadaan Piagam, CD berisi video panduan senam, dan konsumsi peserta,”tambahnya.

Dapatkan Apresiasi

Kasubbag TU, Ahmad Muhdzir dalam sambutannya mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menyampaikan apresiasi luar biasa atas kerja para pengurus IGRA/BA dan partisipasi aktif seluruh guru RA/BA/TA  dalam kegiatan tersebut.

“ Atas nama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi luar biasa kepada seluruh pengurus IGRA se-Kabupaten Purbalingga baik Pengurus Daerah maupun pengurus di tingkat kecamatan. Karena tanpa menunggu support dana dari Kementerian Agama, semua kegiatan bisa berjalan sukses dengan biaya mandiri dan  telah mengharumkan nama Kementerian Agama,” ungkapnya penuh semangat.

Ia menambahkan bahwa dengan penghayatan nyata 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama yaitu integritas, profesionalitas,  inovasi, tanggung jawab dan keteladanan para guru RA/BA/TA maka tidak mengherankan dalam kegiatan peringatan Hari Amal Bakti ke-72 yang lalu, IGRA  dengan anggotanya telah memberikan sumbangsih yang sangat besar hingga mendapatkan simpati dari berbagai pihak terutama Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga selaku Kepala Daerah. Muhdzir pun berjanji akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan, termasuk menghadapi akreditasi RA/BA/TA yang akan datang dengan bantuan pemerintah melalui BOP.  (sar/gt)