Ikut Atasi Kekeringan di Wonogiri, Kemenag Tanam 500 Pohon Beringin

Wonogiri – Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 Kemenag Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri menanam 500 bibit pohon beringin, minggu kemarin di wilayah kecamatan Giriwoyo. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi masalah kekeringan di Wonogiri.

Ratusan bibit beringin itu ditanam di wilayah Kecamatan Giriwoyo Wonogiri sebagai bentuk kepedulian ASN Kemenag  terhadap lingkungan dan alam sekaligus mengisi peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 Kemenag tahun 2019 di Kabupaten Wonogiri.

Ka. Kankemenag Wonogiri, Subadi setelah upacara HAB pada Kamis (03/01) menjelaskan dalam rangka memeriahkan Hari Amal bakti (HAB)ke 73 Kemenag tahun 2019 yang mengusung tema “Jaga Kebersamaan Umat melakukann berbagai kegiatan selain Olah raga, Jalan Sehat KUB, Gowes Sesarengan juga di adakan kegiatan sosial antara lain donor darah, santunan dan penanaman bibit penghijauan sekitar 500 pohon beringin.

“Dipilihnya tanaman beringin karena pohon ini bisa menyimpan air atau menjadi sumber air di daerah kering, selain itu pohon beringin memiliki beberapa ciri khusus diantaranya, mempunyai batang yang besar, memiliki urat dan akar yang bergelantungan, rindang dan berbuah bulat kecil, beringin memiliki beberapa keunggulan diantaranya  berumur panjang, daunnya yang lebat menjadikan udara dibawah dan sekitarnya semakin sejuk, dan yang utama beringin bisa dijadikan pohon untuk mempertahankan air tanah dan berfungsi sebagai tondon (penyimpan) air”, kata Subadi.

Dengan menanam beringin menurut Ka. Kankemenag, secara tidak langsung juga akan mengkonservasi fauna yang menjadikan beringin sebagai tempat hidupnya. Beringin merupakan tanaman yang memiliki kemampuan hidup dan beradaptasi dengan bagus pada berbagai kondisi lingkungan. Selain itu keberadaan tanaman beringin pada kawasan hutan bisa dijadikan sebagai indikator proses terjadinya suksesi hutan.

Selain itu melalui kegiatan tersebut diharapkan warga dan generasi muda dan menjaga terhadap lingkungan alam sekitar. Kita berharap, bibit yang telah ditanam itu dapat dijaga dan dirawat agar bisa tumbuh dengan baik,’’ kata Subadi

Dia menambahkan bahwa Kecamatan Giriwoyo merupakan salah satu wilayah langganan kekeringan di Kabupaten Wonogiri karena struktur tanah yang berbukit dan kapur. (mursyid_heri)