Ikut Jota Joti, Pulang-Pulang Bawa Medali

Banjarnegara – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) bersama Orari lokal Banjarnegara menggelar Jota Joti 2021. Jambore On The Air (Jota) Jambore On The Internet (Joti) merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan alat komunikasi radio yang dapat digunakan dalam keadaan darurat. Keadaan darurat yang dimaksud adalah apabila alat komuikasi lain seperti gawai, internet, dan lain sebagainya. Dua siswa MTs Negeri 1 Bajarnegara turut serta dalam kegiatan tersebut.

Hamzah Rofid R (9A) dan Zalfadina Guardien Z A (9A) merupakan peserta Jota Joti perwakilan dari pangkalan MTs Negeri 1 Banjarnegara. Dua siswa ini merupakan anggota pramuka di MTs Negeri 1 Banjarnegara yang aktif dalam kegiatan kepramukaan. Kegiatan Jota Joti ini dilaksanakan dua hari pada 16-17 Oktober 2021. Pelaksanaan kegiatan di hari pertama bertempat di Alun-Alun Banjarnegara, sedangkan hari kedua dilaksanakan di rumah msing-masing. Khamzah dan Zalvadina bergabung bersama para penggalang dan penegak dari berbagai pangkalan se-Banjarnegara.

Kegiatan dalam Jota Joti ini dibagi menjadi dua yaitu giat prestasi dan giat wawasan. Giat prestasi terdiri dari Fox Hunting dan Morse, sedangkan giat wawasan terdiri dari APSR, Slow Scan TV, VR HT Only, VR HT Regular. Peserta Jota Joti dari MTs Negeri  1 Banjarnegara mengikuti setiap kegiatan dengan antusias terutama pada giat prestasi.

“Saya merasa senang bisa ikut Jota Joti ini. Di Jota Joti saya bisa berkenalan dengan anggota pramuka dari luar negeri. Selain itu saya bisa dapat ilmu baru, teman baru, dan yang paling menyenangkan adalah acara Banjarcahyana dimana kegiatannya adalah penampilan pentas seni. Nah, ini yang paling ditunggu-tunggu karena dengan acara ini kita bisa bergembira ria bersama,” Tutur Khamzah.

Pembina Pramuka MTs Negeri 1 Banjarnegara, Kun Hidayati merasa senang karena salah satu peserta Jota Joti dari Pangkalan MTs Negeri 1 Banjarnegara berhasil mendapat juara dua dalam giat prestasi morse. Peraih juara dua tersebut yaitu Zalvadina Guardien Z A.

“Alhamdulillah, Zalvadina bisa mendapat juara dua dalam giat prestasi morse. Untuk mendapat juara di Jota Joti ini sebenarnya tidak mudah karena peserta lain banyak yang dari golongan penegak. Kita akan berlatih lebih giat lagi supaya pada kegiatan yang lain kami bisa lebih maksimal,” tutur Kun Hidayati.

Kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara, Eko Widodo berharap kegiatan Jota Joti ini bisa memotivasi peserta khususnya dari MTs Negeri 1 Banjarnegara.

“Dengan kegiatan Jota Joti ini, semoga nanti Khamzah dan Zalvadina bisa menularkan ilmunya kepada teman teman pramuka MTs Negeri 1 Banjarnegara. Jadi, setiap kegiatan kepramukaan yang anak-anak ikuti di luar sana bisa mereka tularkan kepada adik-adik mereka di MTs Negeri 1 Banjarnegara” ujar Eko Widodo. (rin/ak/rf)