Ketua beserta pengurus DWP Kemenag Pati ikuti Webinar Nasional Penanganan Pasien Isoman Covid-19.

Ikuti Webinar Penanganan Pasien Isoman Covid-19, Ketua DWP Kemenag Pati Ingatkan Perketat Prokes

Pati – Ketua besertaPengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati mengikuti Webinar Nasional yang digelar DWP Kemenag RI secara Virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, pada Senin (26/07/2021). Webinar yang mengupas Tema “Penanganan Pasien Isoman Covid-19” ini juga diikuti oleh anggota DWP Kemenag di seluruh Indonesia. 

Webinar nasional yang dibuka oleh Penasehat DWP Kemenag RI Eny Yaqut Cholil Qoumas ini menghadirkan narasumber pakar kesehatan dr. Mahesa Paranadipta, M.H.

Turut hadir dalam Webinar Nasional DWP Kemenag RI, Wakil Penasehat DWP Halimah Zainut Tauhid Sa’adi, dan Ketua DWP Kemenag Farichah Nizar Ali.

Menurut Ika selaku Ketua DWP Kemenag RI memaparkan bahwa diadakanya Webinar ini bertujuan agar peserta yang hadir dapat mengetahui bagaimana gejala, cara penanganan, serta bagaimana mencegah penularan terhadap orang lain, selain dari pada itu peserta juga diharapkan bisa mengetahui bagaimana cara isoman, hal apa saja yang perlu dilakukan ketika menjalani isoman.

“Saya harap setelah mengikuti Webinar ini peserta diharapkan dapat mengenali gejala, penanganan serta pencegahannya. Selain itu juga, Webinar ini diadakan untuk memberikan informasi bagaimana cara isolasi mandiri dan apa saja yang perlu dilakukan ketika isoman,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Eny Yaqut Cholil selaku penasehat DWP Kemenag RI menilai, webinar ini penting untuk dilaksanakan sebagai upaya mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 yang saat ini mengalami peningkatan dengan munculnya varian baru yang lebih berbahaya dan menular.

“Saya mengharapkan agar jajaran DWP Kemenag dapat memberikan kontribusi untuk mencegah meluasnya wabah ini dengan terus memberikan sosialisasi dan pemahaman tentang penerapan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas),’’ demikian ujar Eny.

Eny Yaqut Cholil juga berharap agar Webinar ini dapat diimplementasikan oleh peserta yang hadir kepada keluarga serta masyarakat.

“Saya berharap kepada para peserta yang hadir, setelah mengikuti Webinar ini dapat mengimplementasikan kepada keluarga dan juga masyarakat,” tuturnya.

Sementara, Ketua DWP Kemenag Pati Sri Iswati Ali Arifin mengapresiasi inovasi yang dicetuskan oleh pengurus DWP Kemenag RI dengan menggelar Webinar ini. Kepada Humas, Sri Iswati menyampaikan bahwa materi Webinar yang diadakan DWP Kemenag RI merupakan materi yang sangat penting, pas dengan situasi yang dialami masyarakat sekarang.

Pengetahuan tentang, bagaimana menangani pasien covid 19 yang isoman menjadi penting dan sangat bermanfaat bagi kita semua, khususnya masyarakat yang tidak berlatar belakang medis dan kesehatan.

Lebih lanjut dikatakan Ketua DWP Kemenag Pati, pengetahuan dan keterampilan menangani pasien Covid-19 yang isoman, tidak hanya berhenti ditingkat pengurus DWP saja, tapi hendaknya ditularkan kepada semua anggota DWP, ASN Kemenag Pati, dan selanjutnya diteruskan kepada masyarakat umum, harapnya.

Apalagi penyebaran covid-19 di Kabupaten Pati kian mengganas hingga masuk level 4 dengan kategori zona merah. Karenannya saya kembali mengingatkan kepada masyarakat, jajaran keluarga besar Kemenag dan DWP untuk memperketat penerapan protokol kesehatan,’’ pintanya.

Ketua DWP Kemenag Pati juga menambahkan, dari pemaparan yang diungkapkan nara sumber tersebut, Sri Iswati meminta kepada masyarakat khususnya anggota DWP agar mewaspadai Klaster Corona keluarga bahkan menjadi perhatian khusus penanganan covid 19.

“Karena kemunculan klaster baru Covid-19, yakni klaster keluarga, menimbulkan kekhawatiran di tengah masyarakat,’’ ungkap Sri Iswati. 

Atas nama seluruh keluarga besar DWP Kemenag Pati mengucapkan terima kasih, apresiasi atas diselenggarakannya webinar bertemakan Covid 19. Kegiatan ini penting untuk dilaksanakan, agar masyarakat mengetahui bagaimana tata cara menangani pasien yang sedang melaksanakan isolasi mandiri covid-19.

“Semoga dengan pemaparan yang disampaikan nara sumber dapat menjadi inspirasi dan motivasi  kami pengurus DWP Kemenag Pati,” tutup Sri Iswati. (at)