Ilmu Dan Amal Harus Seimbang

Rembang – Setumpuk prestasi yang diperoleh seorang siswa tak menjadi satu-satunya ukuran siswa sukses menimba ilmu. Keberhasilan siswa dalam belajar harus ditunjukkan dengan berperilaku yang baik dan bisa mengamalkan ilmu tersebut kepada masyarakat.

Demikian dikemukakan oleh  Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang dalam memberikan pengarahan pada acara Pelepasan siswa kelas 9 MTsN 4 Rembang (MTsN Sumber), beberapa waktu lalu di lingkungan MTsN 4 Rembang.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah, Kasubag Tata Usaha, Mohammad Ali Anshory, Polsek Sumber, Koramil Sumber, Komite, Camat Sumber, Kepala SD wilayah Sumber dan Sekitarnya, Wali murid, Siswa kelas 9 serta Civitas Akademika MTs N 4 Rembang.

Atho’illah mengatakan, untuk menggapai pengetahuan saja tidaklah cukup, sehingga dibutuhkan konsep ketawadhuan/ kesetimbangan antara iman, ilmu (pengetahuan) dan amal. Hal ini selaras dengan visi dan misi madrasah, utamanya MTs N 4 Rembang yaitu Religius, Berakhlakul Karimah dan Berprestasi.

Kepala MTsN 4 Sumber, Masrum menyampaikan apresiasi kepada para siswa kelas 9 yang telah turut membawa nama harum MTsN 4 Rembang, juga kepada kelas 7 dan 8.

Menurutnya, MTsN 4 Rembang tidak kalah kualitas dan bersaing dibanding dengan sekolah yang lain. Berbagai prestasi yang diraih kekinian yaitu juara 1 dan 3 mapel IPS pada KSM tingkat kabupaten, sehingga akan mewakili kabupaten rembang di tingkat provinsi. Selain itu juga Juara 2 Popda cabang tenis meja putra, Juara 2 cabang senam artistik tingkat provinsi, dan Juara 1 lomba Geguritan.

Masrum berpesan kepada calon wisudawan untuk selalu menjaga nama baik Madrasah. “Siswa yang lulus agar memilih sekolah yang terbaik untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Jangan lupa teruslah berprestasi,” ujarnya.

Kegiatan Akhirussanah siswa-siswi kelas 9 tahun ajaran 2017/2018 ini mengambil tema “ Hasil Ilmu adalah Tindakan Bukan Pengetahuan”.  Berbagai karya seni siswa-siswi ditampilkan, antara lain Rebana, Paduan Suara, Drama oleh kelas bilingual, Tari saman, Geguritan dan lain-lain. — ss/bd