Implementasi Bakti Penyuluh Di Rumah Sakit

Kota Magelang – Agama mempunyai kedudukan dan peran yang sangat penting serta strategis sebagai landasan spiritual, moral / etika. Untuk meningkatkan Iman dan Taqwa maka pembangunan dalam bidang agama perlu mendapat perhatian karena berkaitan dengan penghayatan dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.     

Dalam pembangunan di bidang keagamaan,  Kemenag kota Magelang melalui Penyuluh Agama bekerjasama dengan beberapa rumah sakit memberikan pelayanan berupa penguatan Iman dan doa bagi pasien.

Pengobatan kepada pasien tidak hanya meliputi sisi jasmani dengan menggunakan tindakan medis tetapi juga dapat melalui sisi rohani, dalam hal ini rumah sakit menggunakan jasa psikolog dan penyuluh Agama.

Kantor Kementerian Agama Kota Magelang melslui seksi bimas Islam telah mendapatkan permohonan tenaga penyuluh Agama dari   beberapa rumah sakit negeri dan swasta. Bahkan ada rumah sakit dibawah yayasan non Islam mengajukan permohonan, Septo Atmojo selaku Kasi bimas Islam mengatakan layanan bimbingan bagi pasien di rumah sakit dikhususkan bagi pasien beragama Islam sedangkan bagi pasien beragama lain bersifat kunjungan dan motivasi.

“Bimbingan doa bagi pasien di rumah sakit dikhususkan bagi pasien beragama Islam sedangkan bagi pasien beragama lain bersifat kunjungan dan motivasi.” katanya.

Wihdatul selaku Ketua Pokjaluh kota magelang merasa sangat senang dengan program ini dikarenakan program ini sangat membantu untuk pemenuhan angka kredit sebagai penyuluh disisi lain juga berfungsi sebagai misi kemanusiaan. “program ini sangat membantu untuk pemenuhan angka kredit sebagai penyuluh disisi lain juga berfungsi sebagai misi kemanusiaan” ujar wihdatul. (Dix/Af)