Ingin Sukses Ujian, Siswa MIN Secang Kumpulkan Koin Kesuksesan

Mungkid – Siswa kelas 6 MIN Secang menyerahkan Koin Kesuksesan kepada Panitia Pembangunan Mushala Al Huda Secang Atas, Senin, (09/04/2018). Kepala MIN Secang Siti Nurul Wachidah, melalui media sosial menyampaikan bahwa inisiasi Koin Kesuksesan adalah untuk menanamkan pada siswa bahwa untuk mencapai sebuah keberhasilan perlu disertai dengan usaha yang sungguh-sungguh, baik secara lahir maupun batiniah.

“Koin kesuksesan ini adalah kegiatan menyisihkan uang saku untuk memotivasi siwa kelas 6 agar mereka mendapatkan hasil terbaik dalam ujian sekolah dan ujian nasional. Agar sukses perlu usaha lahiriah dan batiniah. Usaha lahir dengan bersungguh-sungguh, usaha batinnya mendekatkan diri pada Allah SWT salah satunya memberikan infak dan sedekah untuk mendapatkan ridla Allah SWT,” kata Nurul Wachidah.

Nurul menyampaikan, para siswa kelas 6 secara sukarela setiap hari menyisihkan uang jajannya untuk dikumpulkan secara pribadi, selanjutnya celengan itu diserahkan kepada Panitia Pembangunan Mushala.

“Tidak mudah bagi siswa untuk menyisihkan uang jajannya. Ada yang di celengan bambu, ada yang disimpan di plastik, atau sekedar ditaruh dalam tas. Kesungguhan mereka menyisihkan adalah pembelajaran alam yang hanya bisa dinikmati oleh anak seusia mereka,” tambahnya.

Nurul melanjutkan, inisiasi Koin Kesuksesan, selain sebagai media pembelajaran melatih sedekah, juga dapat memupuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Penyaluran koin ke panitia pembangunan musala merupakan contoh nyata kepedulian anak-anak terhadap lingkungan.

“Koin yang mereka kumpulkan kemudian diserahkan ke Panitia Pembangunan Mushala di sekitar madrasah. Ini adalah pembelajaran kepedulian lingkungan bagi anak-anak. Bagaimana mereka menyikapi alam sekitar kemudian terdorong untuk membantunya,” ungkap Nurul.

Nurul ingin keberkahan madrasah dapat dinikmati oleh semua kalangan, termasuk masyarakat di sekitar madrasah. Madrasah hidup menyatu dengan alam sekitar, sehingga pembelajaran berlangsung kondusif.

“Jika masyarakat merasa memiliki madrasah, maka program-program madrasah dapat didukung dengan baik,” lanjutnya.

Nurul berharap Koin Kesuksesan dapat diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan lainnya sebagai kegiatan pembiasaan hal-hal baik kepada para siswa.

“Hal-hal baik yang dibiasakan saat kecil, akan membekas saat mereka dewasa. Koin kesuksesan, hanyalah sebagian kecil upaya siswa MIN Secang menggapai keridlaan Allah SWT agar dapat berhasil dalam ujian, sekaligus mengembangkan kepedulian kepada masyarakat sekitar,” pungkasnya. (am/bd)