Inovasi : Kakankemenag Cilacap terbitkan buku

Cilacap – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Mughni Labib meluncurkan buku berjudul “Fiqh Salat Lintas Madhab”. Peluncuran dilaksanakan pada acara pengajian rutin hari Selasa (26/1) di Aula Kankemenag. Untuk edisi pertama, dicetak sebanyak 500 eksemplar. Buku tersebut merupakan launching keduakalinya setelah buku pertama yang berjudul “Zakat, teori dan Aplikasinya” tahun lalu.

Ditegaskan bahwa buku Fiqh Salat Lintas Madhab bertujuan untuk menciptakan lingkungan dan atmosfer peribadatan yang tenang. Umat islam diharapkan tidak pernah beradu pendapat yang kerap berujung pada ketidaknyamanan akibat perbedaan amalan ibadah. Seperti pada umumnya, terutama di kalangan yang agak keras, perbedaan pendapat sering dikatakan bid’ah. Dari kata-kata bid’ah inilah acap kali muncul rasa tidak nyaman intern umat Islam.

Terkait ibadah sehari-hari, khususnya menyangkut fiqh salat sebagai amalan pokok utama dan pertama, umat Islam diharapkan bisa menjalankannya dengan khusuk. Harapannya, melalui pemahaman praktis dan bersumber dari semua madhab yang ada, pembaca akan bisa memahami secara bijak dasar-dasar pelaksanaan ibadahnya. Endingnya di kalangan intern umat Islam tidak akan muncul lagi perdebatan akibat sedikit perbedaan dalam pelaksanaan ibadah.

Kumpulan makalah

Buku setebal 247 halaman tersebut memuat 47 Bab Fiqh dan merupakan kumpulan makalah pembinaan mental pegawai Kemenag Cilacap. Makalah disusun penulis satu minggu sekali dan disampaikan tiap hari Selasa. Materi yang disajikan berasal dari berbagai sumber yang mengacu pada empat madhab.

Sebagai ungkapan rasa syukur, Mughni Labib membagikan buku kepada seluruh aparatur Kemenag secara cuma-cuma. Para pegawai merasa sangat senang bisa mendapatkan buku yang penuh manfaat secara gratis. (Budiono/gt)