Irjen awasi Tes Rekrutmen Calon Petugas Haji

Tegal – Pelaksanaan tes rekrutmen calon petugas haji dan PPIH Arab Saudi Kankemenag Kota Tegal mendapat pengawasan ketat dari Inspektorat Jendral (Irjen) Kementerian Agama, Rabu, (01/04). Empat orang Irjen Kemenag ditugaskan untuk mengawasi jalannya tes rekrutmen tersebut. Tes diikuti oleh empat orang peserta yang sebelumnya telah lolos persyaratan administrasi. Selain tes tertulis peserta juga harus menjalani tes wawancara.

Tes tertulis berlangsung di Aula Kankemenag. Tes dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Sebelum peserta mengerjakan soal-soal, panitia terlebih dahulu membacakan tata tertib tes. Setelah tata tertib selesai dibacakan, pengerjaan soal-soalpun dimulai dengan pengawasan Irjen. Keempat pengawas Irjen berada di ruang tes dari awal pelaksanaan hingga selesainya waktu yang disediakan bagi peserta untuk mengerjakan soal-soal tes. Selesai jalani tes tertulis, peserta kemudian mengikuti sesi tes wawancara di ruang yang sama.

Pada penyelenggarakan haji tahun 1436 H/ 2015 M ini Kankemenag Kota Tegal hanya mendapat kuota satu orang untuk petugas Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI). Sedangkan untuk petugas Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) tidak mendapatkan jatah dikarenakan tahun ini jumlah calon jemaah haji Kota Tegal yang akan diberangkatkan kurang memenuhi persyaratan untuk mengirimkan petugas TPIHI. Dari empat peserta yang mengikuti tes calon petugas haji ini nantinya hanya satu orang yang akan direkrut untuk menjadi petugas TPHI.

Calon jemaah haji Kota Tegal tahun ini jika tidak mengalami perubahan berjumlah 224 orang atau mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang mencapai 253 jemaah. Jumlah tersebut tidak memenuhi kuota untuk mendapatkan jatah satu orang petugas TPIHI. Dengan demikian pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini jemaah haji Kota Tegal hanya didampingi oleh satu orang petugas TPHI.

Tes rekrutmen calon petugas haji selesai sekitar pukul 11.30 WIB. Hasil tes diumumkan secara terbuka hari itu juga. Dua orang peringkat terbaik berdasarkan hasil tes akan mengikuti tes lanjutan di Kanwil Kemenag Prov. Jateng. Tes di Kanwil nanti akan menentukan siapa yang berhak untuk menjadi petugas haji TPHI dan PPIH Arab Saudi. Secara umum pelaksanaan tes berjalan baik dan lancar mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga pengumuman hasil tes.

Adanya pengawasan dari Irjen terhadap pelaksanaan rekrutmen calon petugas haji dan PPIH Arab Saudi semakin menegaskan bahwa tes seleksi ini berjalan sesuai dengan prosedur dan obyektif. Tes bukan sekedar formalitas melainkan memang dilaksanakan sesuai aturan untuk mendapatkan seorang petugas yang kompeten sebagai petugas haji yang akan menyertai jemaah haji di tanah suci. Terlebih lagi saat ini haji merupakan prioritas utama selain KUA dalam penegakan zona integritas di Kemenag. (lil)