Jadikan Haji Sebagai Momentum Hijrah

Rembang — Muslim yang telah menunaikan ibadah haji, lengkaplah ia melaksanakan rukun Islam. Orang yang telah menunaikan ibadah haji hendaknya menjaga kemabrurannya dengan selalu meningkatkan ketaqwaan, kuantitas, dan kualitas ibadahnya kepada Alloh SWT.

Demikian disampaikan oleh Nyai Jamilah Hamid Baidlowi dalam tausiyahnya dihadapan ratusan jemaah haji asal Kabupaten Rembang. Tausiyah tersebut dalam rangka Silaturrahmi Pasca Haji Kabupaten Rembang Tahun 1435 H di Gedung Haji Rembang, Rabu (12/11).

Menurut beliau, haji adalah momentum untuk berhijrah seorang muslim menjadi pribadi yang lebih baik. “Hijrah adalah sebagaimana yang dilakukan oleh Sahabat Nabi dari Makkah menuju Madinah untuk mencari kenyamanan dalam beribadah. Lalu bagaimanakah bentuk Hijrah muslim dewasa ini? Bentuknya tak lain adalah menjadi pribadi yang lebih baik dengan meninggalkan segala Larangan Allah SWT,” paparnya.

Haji ini, lanjut beliau, merupakan momentum yang tepat untuk berhijrah. Karena sebagaimana sabda Rasulullah SAW., “Siapa yang berhaji lalu tidak berkata keji dan berbuat kefasikan maka kembali seperti hari ibunya melahirkannya” (HR. Bukhari).

“Orang yang berhaji akan diampuni dosa-dosanya, dan kembali layaknya bayi yang baru lahir. Maka dari itu, hendaknya ia bisa lebih khusyuk beribadah, senang bersedekah, dan rajin berjama’ah. Orang yang sudah berhaji hendaknya bisa terus menjaga kemabrurannya hingga menghadap kepada Yang Kuasa dengan khusnul khotimah,” sambungnya.

Sementara Plt. Bupati Rembang, Abdul hafidz dalam sambutannya mengatakan,orang yang telah berhaji itu penuh dengan limpahan berkah. Maka kepada masyarakat sekitar agar tidak memperolok-olok saudara sesama muslim yang telah berhaji.

Apresiasi

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Atho’illah menyampaikan apresiasi yang setingg-tingginya kepada segenap panitia haji yang telah mengupayakan kesuksesan penyelenggaraan haji tahun ini. Beliau juga mengahturkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Daerah Rembang atas bantuan akomodasi, transportasi, dan konsumsi untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah.

Sementara Koordinator Jemaah haji, Drs. H. Sunarto, MM mengungkapkan rasa puas atas pelayanan para petugas haji dan petugas kesehatan haji. Baik selama pemberangkatan, pelaksanaan ibadah, hingga pemulangan haji.

“Kami semua merasa terharu atas kesungguhan petugas haji dalam melayani jemaah. Juga kepada para petugas kesehatan haji yang tidak mengenal lelah melayani kondisi kesehatan kami,” paparnya. —-Shofatus Shodiqoh