Jadikan Kebersihan Sebagai Budaya

Surakarta – Dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke 73, Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta mengadakan berbagai lomba bagi seluruh ASN,  pegawai, dan siswa di lingkungan kantor Kemenag Kota Surakarta. Salah satunya adalah lomba kebersihan yang mulai dihelat Rabu (19/12/2018). Lomba ini diikuti oleh seluruh satuan kerja (satker) di bawah Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta berkesempatan dikunjungi oleh tim penilai lomba kebersihan. Persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya, mulai dari menata perwajahan madrasah, kebersihan dan lain-lain. Menurut wakil kepala madrasah bidang hubungan masyarakat, Suharno, persiapan ini dilakukan bukan semata-mata agar bisa meraih juara.

“Juara bukan satu-satunya tujuan kami, yang terpenting adalah bagaimana bisa menciptakan lingkungan madrasah yang bersih dan nyaman untuk seluruh warga madrasah serta membudayakan budaya kebersihan. Apalagi agama Islam adalah agama yang sangat menyukai kebersihan karena bagiab dari keimanan,” kata Suharno.

Dalam kesempatan ini, tim penilai lomba kebersihan dipimpin oleh Siti Nursiyam yang beranggotakan Suci Yuni Suswati dan Sumiyati. Pukul 09.30 rombongan tiba di MAN 1 Surakarta dan langsung disambut oleh Trash Zaman Now, yaitu robot sampah yang pernah meraih juara pertama tingkat nasional dalam kompetisi robotik tingkat nasional tahun 2017. Robot sampah berwarna orange ini terletak di lobi dan langsung menarik perhatian tim penilai. Mereka nampak antusias mencoba memanfaatkan robot dengan cara membuang sampah. Ketika sampah akan dibuang, penutup kotak sampah membuka sendiri dan menutup lagi setelah sampah dimasukkan.

Menurut Siti Nursiyam, dirinya sangat mengapresiasi hasil karya siswa MAN 1 Surakarta tersebut dan berharap agar terus dikembangkan.

“Yang terpenting adalah bagaimana menumbuhkan kesadaran akan kebersihan kepada siswa dan juga menjaga kebersihan di lingkungan madrasah, ” kata Siti Nursiyam.

Penilaian dilanjutkan dengan mengunjungi berbagai sudut yang ada di lingkungan madrasah mulai dari kamar mandi, WC, ruang guru, ruang kelas, serta taman-taman yang ada di MAN 1 Surakarta. Tim penilai sangat mengapresiasi apa yang telah dikerjakan oleh tim kebersihan serta mendorong agar terus ditingkatkan lebih baik lagi. (rusdi_rma/Wul)