Jadikan Pentas PAI Sebagai Ajang Keragaman Dan Keberagamaan

Cilacap – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap menggelar Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI)  tingkat Kabupaten Cilacap. Kegiatan yang diikuti siswa dari berbagai tingkatan dari SD sampai SMA itu digelar di STIE Muhammadiyah Jl. Urip Sumoharjo Cilacap  (11/8).

Acara ini dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap  yang diwakili Kasubbag Tata Usaha, Jasmin.  Lebih dari 150 peserta  peserta dari seluruh Cilacap  ikut ambil bagian pada ajang ini.

Jasmin mengapresiasi Pentas seni  yang telah bekerjasama dengan banyak pihak, termasuk Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam Kabupaten Cilacap dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut. Jasmin  menilai, Pentas PAI juga strategis dalam memperkokoh aspek Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) siswa.

Dia mengatakan Pentas PAI hendaknya ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan peserta didik terhadap ajaran Islam.

“Dengan demikian diharapkan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

“Pentas PAI ini, kita nilai penting untuk kita gelar dan galakkan dalam rangka memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa yang berprestasi,” ujarnya,

Plt. Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kankemenag Cilacap, Makmur Khaeruddin mengatakan Pentas PAI tahun ini mengambil tema memantapkan keberagamaan dan merawat keberagaman.

Dia juga menjelaskan lomba yang berlangsung hari ini guna memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih bergairah lagi mempelajari dan mencintai Pendidikan Agama Islam. Selain itu pula sebagai tolak ukur keberhasilan pembinaan Pendidikan Agama Islam pada sekolah yang meliputi pengetahuan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran Islam.

Menurutnya, siswa yang menjadi peserta dalam Pentas PAI tingkat Kabupaten Cilacap, adalah siswa yang menjadi juara di tiap kecamatannya. Jadi, di tingkat kabupaten, adalah siswa-siswa terbaik dari tiap kecamatan yang bersaing. Dimana, siswa yang menjadi juara di Pentas PAI tingkat Kabupaten, akan menjadi wakil Kabupaten Cilacap di tingkat Pentas PAI tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Sebelumnya memang di tiap kecamatan sudah mengadakan penyeleksian terlebih dahulu untuk siswa yang akan mewakili kecamatannya. Dan yang menjadi juara di tingkat Kota, maka akan maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah,” ucapnya.

Dia menjelaskan, karena, tingkatan perlombaannya akan sampai ke tingkat nasional, maka dirinya berharap tahun ini ada perwakilan dari Kabupaten  yang bisa menjadi juara pertama di Pentas PAI tingkat Jawa Tengah, dan melaju sampai ke nasional.(mp/bd)