Jadilah Pengawas Pendidikan Agama Berkarakter dan Profesional

Wonogiri – Eksistensi dan peran Pengawas Pendidikan Agama dan Madrasah sangat vital dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan. Ada beberapa faktor penunjang untuk terwujudnya proses pembelajaran yang baik dan tercapainya tujuan pendidikan, seperti guru, murid, sarana dan prasarana serta fasilitas yang tersedia.

Namun demikian sebaik apapun terselenggaranya proses pembelajaran khususnya interaksi antara guru sebagai pengajar dan murid penerima materi, tetap dibutuhkan peran pengawas pendidikan untuk mengontrol, mengawasi, mengevaluasi penyelenggaraan proses pembelajaran, serta memberikan arahan, bimbingan dan sara-saran kearah perbaikan dan peningkatan kualitas proses pembelajaran dengan harapan teroptimalisasikannya keberhasilan dan tujuan pendidikan.

Bagi Pengawas Pendidikan Agama mempunyai tugas yang lebih spesifik lagi disamping tercapainya pendidikan secara umum, kita mempunya tugas menelorkan anak didik berkualitas secara ilmu pengetahuan, agamis, berkarakter dan berakhlakul karimah.

Hal tersebut terugkap dalam acara Rapat Koordinasi Pengawas Pendidikan Agama baik Islam, Katolik dan Madrasah di lingkungan Kankemenag Wonogiri, Selasa (11/10) di Ruang Rapat Kankemenag Wonogiri, turut memberikan pembekalan Kasi PAKIS Hidayat Maskur, Kasi Pendidikan Madrasah Ahmad Farid dan Gara Katolik Antonius Sukatno.

Menurut Hidayat  Maskur semua Pengawas Pendidikan Agama di Sekolah baik SD, SMP dan SMA maupun di Madrasah untuk benar-benar melakukan pengawasan, pengamatan, pembinaan dan pemberdayaan, sehingga diharapkan keberadaan pendidikan agama di masing-masing lembaga pendidikan bisa dirasakan keberadaannya.

“Kalau sudah bisa merealisasikan tugas dan fungsinya berarti pengawas tersebut telah menjadi pengawas yang profesional, dan itu masih belum cukup tanpa terbentuknya karakter anak didik yang baik, oleh karena itu pula pengawas juga harus menjadi teladan bagi kepala sekolah dan guru-guru yang lain,” tegas Hidayat.

Pengawas agama yang mampu menciptakan semua tersebut di atas berarti pengawas tersebut layak disebut pengawas yang berkarakter dan profesional. Karakteristik merupakan suatu hal terpenting dalam penataan semua hal dalam kehidupan dunia pendidikan, sebagaimana profesionalitas juga amat penting dalam mewujudkan keberhasilan dunia pendidikan kedepan bisa lebih baik dari saat ini.

Kepada semua pengawas yang hadir kita harapakan bisa terus melakukan monitoring dan evaluasi kepada semua GPA dan guru madrasah, sejauh mana pelaksanaan KBM yang telah dilakukan, innovasi dan pengembangan metode pembelajaran serta penerapan kurikulum di tingkat satuan pendidikan yang menjadi tugasnya. (Mursyid_Heri/gt)