Jaga keselamatan siswa, PKS MAN 2 Rembang digalakkan

Rembang – Patroli Keamanan Sekolah merupakan program madrasah yang sangat penting untuk keberlangsungan belajar peserta didik. PKS ini diperlukan untuk menjamin keselamatan siswa ketika berangkat dan pulang sekolah.

Untuk itu MAN 2 Rembang menggalakkan kegiatan PKS dengan melibatkan puluhan peserta didik. Kepala MAN 2 Rembang, Usman Efendi mengatakan, Patroli ini sangat penting mengingat padatnya lalu lintas di depan Madrasah.

“MAN 2 Rembang yang memiliki ribuan murid tentu akan merasa kesulitan memasuki area sekolah, dalam hal ini ketika menyebrang jalan, karena jalur lalu lintas yang padat dan kendaraan yang besar-besar di jalur Pantura,” ujar Usman.

Setiap hari, waktu menjelang berangkat dan pulang, MAN 2 Rembang setidaknya menugaskan sembilan peserta didik untuk menjadi tim PKS. “Tugas mereka layaknya polisi lalu lintas. Yaitu menyebrangkan siswa yang hendak masuk area madrasah,” kata Usman.

Harapannya, PKS yang sudah ada sejak puluhan tahun ini bisa melatih kedisiplinan siswa terhadap waktu dan mengerti tentang dasar-dasar lalu lintas.

Pembina PKS, Khoirul Anam mengatakan, lebih dari 50 siswa tergabung dalam tim PKS. Untuk melatih kelancaran petugas, ia mengakan latihan setiap minggu.  “PKS ini tujuannya adalah untuk membantu siswa dan mencegah kecelakaan di tengah padatnya lalu lintas. Peserta didik yang menjadi petugas kami latih sedemikian rupa dengan prinsip kedisiplinan,” katanya. — iq/bd