Jajaran Kankemenag Laksanakan Sholat Subuh Bersama Masyarakat

Pemalang – Memasuki hari ketujuh bulan Ramadhan tahun 1439 H, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang bersama jajarannya melaksanakan sholat Subuh bersama masyarakat Kecamatan Moga di Masjid Al Islah Kalibuntu Desa Moga, Rabu (23/5).

Kegiatan turut dihadiri oleh Camat Moga, Polsek Moga, Koramil Moga, Kepala KUA Kecamatan Moga, Pengawas Pendidikan Agama Islam, dan Penyuluh Agama Islam Kecamatan Moga. Seusai sholat, Kepala Kankemenag, Taufik Rahman memberikan pembinaan kepada jamaah.

Beliau berpesan, kepada masyarakat untuk melestarikan budaya Islam yang sudah dikenal masyarakat, meskipun juga tidak menolak budaya yang baru. Adanya televisi, umat Islam semakin mudah mendapatkan siraman rohani. Namun dia berharap agar umat Islam tetap melestarikan budaya mengunjungi pengajian.

“Umat, masyarakat disamping menyaksikan acara pengajian di TV, tapi jangan sampai meninggalkan acara menghadiri, mengunjungi pengajian. Seiring perkembangan jaman, ngunjungi pengajian sudah mulai luntur. Oleh karena itu mari kita ajarkan kepada anak cucu kita untuk mengunjungi pengajian, majelis taklim,” ajak Taufik.

Taufik juga meminta masyarakat, untuk mewaspadai budaya baru yang datang dari luar. Menjelang Idul Fitri biasanya banyak perantau yang pulang kampung dan membawa budaya baru. Masyarakat diminta waspada akan masuknya minuman keras, narkoba, dan sabu-sabu.

Adanya peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan, kedamaian dilingkungannya sangat dibutuhkan oleh aparat keamanan. Apabila ada paham yang radikal, Kepala Kankemenag meminta masyarakat untuk tidak mudah terbujuk. Masyarakat diminta untuk melaporkan hal tersebut kepada aparat yang berwajib.

“Indonesia mempunyai Islam yang ala Indonesia, mari kita jaga perdamaian yang ada di Indonesia, saling menghormati, guyub rukun. Jangan sampai Indonesia menjadi seperti di Suriah yang sedang bergejolak. Dan sebentar lagi kita akan memasuki pilkada, mari kita wujudkan pilkada damai, jangan memutus persaudaraan. Umat diajak untuk bersifat kedamaian, kesejukan,” kata Taufik.

Kegiatan sholat Subuh bersama masyarakat diakhiri dengan pemberian bantuan kepada masjid, fakir miskin, dan guru madrasah diniyah. Kepala Kankemenag bersama Camat, Polsek, dan Koramil menyerahkan bantuan sebesar Rp17 juta dari zakat profesi ASN Kankemenag Kabupaten Pemalang. (fi/rf)