Jalan sehat HAB Kemenag pererat kerukunan umat beragama

Wonogiri – Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri pada Kamis (18/12) menyelenggarakan jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti ke-69 Kementerian Agama Republik Indonesia, tampak hadir ribuan peserta memadati halaman dan jalan depan Kantor Kankemenag, acara di mulai sekitar pukul 07.00 WIB di tandai pengibasan bendera oleh Ka. Kankemenag Wonogiri dengan mengambil star dan finis di Halaman Kankemenag Wonogiri.

Tajuk acara ‘”Kerukunan Umat Beragama” ini diikuti oleh ribuan peserta dari semua pemeluk agama di Kabupaten Wonogiri termasuk sivitas akademika STABN Raden Wijaya Wonogiri. Selain itu juga di ikuti seluruh pegawai negeri/swasta di Lingkungan Kemenag Wonogiri, guru, siswa, penyuluh, pengawas dan pensiunan pegawai Kemenag dari berbagai agama dan budaya. Mereka beramai-ramai mengikuti jalan santai ini dengan mengajak keluarganya.

Dalam sambutannya pelepasan peserta, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, Drs. H. Safrudin, MSI menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang tinggi kepada seluruh peserta.

Menurutnya, kehadiran peserta dari berbagai pelosok daerah menunjukkan kebanggaan terhadap institusi Kementerian Agama yang kini telah berusia 69 tahun. Meskipun mereka harus berangkat pagi-pagi dari rumah dan menyiapkan berbagai bekal untuk mengikuti acara tersebut.

Acara di akhiri dengan pembagian door prize dan hadiah yang semua berasal dari para sphonshorship meliputi 6 sepeda gunung, 2 Telivisi, 2 HP, 6 kipas angin, 2 blender, 2 dispenser dan hadiah hiburan lainya. Hadiah tersebut merupakan persembahan dari para sponsorship, di antaranya Bank BRI Cabang Wonogiri, Bank Jateng Cabang Wonogiri, BKK BPR Wonogiri Kota, BSM Wonogiri, CV Ulinnuha, PT Madu Manunggal, minuman dari PT Air mancur dan lainnya.

Lomba kreasi jajanan pasar

Pada saat bersamaan, Darma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri mengadakan lomba kreasi jajanan pasar dari bahan tradisional yang ada di wonogiri seperti singkong, umbi-umbian, kacang tanah, pisang dll. Kegiatan lomba berbarengan dengan jalan sehat keluarga Kankemenag Wonogiri. Acara ini digelar dalam rangka memperingati HAB Kementerian Agama ke-69.

Menurut ketua DWP Kankemenag Kabupaten Wonogiri, Ny. Hj. Fitrotun Safrudin mengatakan bahwa tujuan lomba untuk memacu kreatifitas ibu-ibu memanfaatkan potensi bahan baku yang melimpah di daerah sekaligur untuk back to nature.

“Maksud dan tujuan lomba kreasi jajanan pasar untuk melatih agar lebih hemat dan sederhana dalam memanfaatkan bahan yang ada di sekitar kita”, ujar Beliau.

Peserta lomba ini melibatkan anggota DWP pada 40an satker, yaitu Kemenag Kabupaten Wonogiri, KUA se Kab. Wonogiri, MAN Wonogiri, MTsN se Kab. Wonogiri dan MIN se Kab. Wonogiri. Para peserta tampak sangat kreatif dalam membuat menu makanan, sekaligus hasil lomba di sajikan sebagaib snack jalan sehat sedangkan minuman di peroleh dari sponsor PT Air Mancur. (Mursyid & Heri)