Jalan Sehat HAB Kemenag Sebagai Sarana Menjaga Kebersamaan Umat

Grobogan – Tidak kurang dari lima ribu peserta mengikuti jalan sehat dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 Kementerian Agama tingkat Kabupaten Grobogan. Yang berlokasi GOR Simpang Lima Purwodadi, yang dilepas oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni, dan disaksikan Kapolres Grobogan serta sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Grobogan dalam rangka menyambut Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke 73 tahun 2019 tingkat Kabupaten Grobogan, Sabtu (29/12).

Jalan Sehat yang digelar Kemenag Grobogan dengan melibatkan sekitar 5.000 peserta dari keluarga besar ASN PNS maupun non PNS dilingkungan Kemenag Grobogan beserta istri/suami dan anak, ASN satker madrasah, guru RA/ BA, guru PAIS, IGRA, penyuluh dan keluarga besar KUA Kemenag Grobogan, dengan mengambil start dan finishnya dipusatkan di halaman GOR Simpang Lima Purwodadi.

Bupati Grobogan Sri Sumarni dihadapan ribuan peserta jalan sehat menyampaikan, bahwa dukungan serta perhatian terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan sudah menjadi bagian dari komitmen Pemkab Grobogan. Ini menjadi salah satu upaya dalam rangka mewujudkan serta menjaga kerukunan antar umat beragama yang ada di Grobogan.

“Jalan sehat dalam rangka memperingati  Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia ke 73 tahun 2019 diadakan oleh Kemenag Kab.Grobogan bertujuan untuk meningkatkan silaturrahim dan menumbuhkan semangat kebersamaan, bukan saja di lingkungan Kemenag tetapi juga di kalangan umat beragama di Kabupaten Grobogan,” kata Bupati.

Ditambahkan Bupati Grobogan, memasuki tahun politik, masyarakat diharapkan tidak saling menghujat satu lain hanya untuk memenangkan pilihannya. Masyarakat harus mampu menjaga kesatuan dan keharmonisan dalam berkehidupan kebangsaan. “Dan sebentar lagi kita memasuki tahun politik. Walau berbeda pilihan, kita semua harus aman dan damai. Kita memiliki ikatan sebagai sesama warga negara yang sama-sama mempunyai tanggungjawab menjaga keamanan dan ketertiban,” imbuhnya.

Kepala Kemenag Kabupaten Grobogan Hidayat Maskur mengatakan, kegiatan yang digelar ini merupakan rangkaian HAB Kementerian Agama yang ke-73. Tujuannya tidak lain untuk menjaga dan terus meningkatkan kualitas kebersamaan umat.

“Jalan sehat dalam rangka HAB Kemenag merupakan agenda tahunan. Selain bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, agenda jalan sehat juga merupakan acara yang paling bermasyarakat serta meningkatkan silaturrahim bagi ASN,” kata Kepala Kemenag Kabupaten Grobogan Hidayat Maskur.

Menurutnya, Hari Amal Bhakti ke-73 jatuh pada tanggal 3 Januari 2019. Oleh karena itu, digelar serangkaian kegiatan dalam rangka menyongsong Hari Amal Bakti tersebut, seperti olahraga, gerak jalan/ jalan sehat, donor darah.

“Ya, serangkaian acara HAB ke-73 meliputi olahraga, gerak jalan/jalan sehat, donor darah, pentasarufan Bazis kepada fisabilillah dan pasar murah yang diadakan Dharma Wanita Kemenag Grobogan, adapun untuk acara puncak HAB ke-73 akan dilaksanakan pada tanggal 3 Januari mendatang di rencanakan di MAN 1 Grobogan, dan upacara diadakan disetiap kawedanan se Kabupaten Grobogan. Setelah itu diadakan khotmil qur’an di Kantor Kemenag Kab.Grobogan,” ungkap Kepala Kemenag Grobogan. (bd/gt)