Jalan Sehat Kebersamaan Meriahkan Peringatan HAB ke-71

Semarang – Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-71 tahun 2017 mengambil tema Lebih Dekat Melayani Umat, hal ini dikandung maksud bahwa Kementerian Agama sebagai lembaga pemerintahan yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pembinaan keagamaan kepada masyarakat dapat lebih dekat dalam memberikan pelayanan terkait tugas dan fungsi keagamaan kepada masyarakat. Adapun untuk Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah disamping upacara bendera yang telah dilaksanakan pada hari Selasa (03/01) juga dimeriahkan dengan kegiatan jalan sehat, senam sehat dan aksi social donor darah.

Ketua panitia jalan sehat, Sulardi Paulinus melaporkan bahwa Jumat (06/01) kanwil menggelar kegiatan berupa Jalan Sehat yang diikuti oleh seluruh anggota keluarga besar,  kemudian Jumat berikutnya (13/01) akan dilaksanakan Senam Sehat dan diakhiri dengan kegiatan sosial Donor Darah.

“Jalan Sehat ini diikuti oleh seluruh lapisan pegawai kanwil, mulai dari pejabat, pegawai, tenaga keamanan, dan tenaga outsourcing bahkan siswa-siswi sekolah umum yang sedang melaksanakan kerja praktek lapangan di kanwil,” kata Sulardi.

Dimulai pada pukul 07:00 WIB dengan mengambil rute : garis start di gerbang kanwil jalan Sultan Agung Jalan Dr. Wahidin Jalan Sisingamangaraja dan finish di halaman kanwil. “Sesuai dengan rute yang telah ditentukan, diharapkan seluruh peserta dapat mematuhi dan tidak mengambil jalur pintas,” imbuhnya.

Sementara itui, Kepala Kantor Wilayah Farhani menyampaikan bahwa kegiatan untuk menyemarakan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-71 Kementerian Agama dilaksanakan setelah tanggal 3 Januari, karena berbagai pertimbangan terkait penyelesaian kegiatan akhir tahun yang banyak menyita waktu dan perhatian.

“Sengaja kegiatan dalam memeriahkan peringatan HAB ke-71 dilaksanakan setelah tanggal 3 Januari, hal ini karena pertimbangan lebih fokus dalam penyelesaian daftar Isian Pagu Anggaran (DIPA) kanwil, sehingga seluruh ASN yang terlibat penuh tanpa mengganggu aktifitas pekerjaan masing-masing,” kata Farhani sebelum melepas peserta jalan sehat, Jumat (06/01).

Mengambil contoh pepatah al’aqlus salim fil jismis salim, bahwa di dalam akal yang sehat terletak pada raga yang sehat, Farhani mengharapkan pelaksananan kegiatan jalan sehat ini supaya dimaknai sebagai media silaturrahim dan kebersamaan antar ASN pada kantor wilayah.

“Hampir dalam setahun kita melaksanakan tugas di kantor ini, namun bisa dihitung dengan jari berapa kali kita bisa berkumpul dalam kebersamaan seperti pada pagi hari ini, untuk itu supaya dimaknai bhawa jalan sehat yang kita laksankan sebagai jalan sehat lintas keimanan,” harapnya.

Kakanwil juga mengajak kepada seluruh aparaturnya untuk turut serta dalam rangkaian peringatan HAB, melalui HAB kita tunjukan perubahan sikap, perubahan kinerja dan revolusi mental dalam rangka mewujudkan kementerian agama yang bersih dan melayani.

Usai jalan sehat, seluruh peserta melakukan ramah tamah serta makan soto bersama dan kemudian dilanjutkan dengan pembagian door price oleh panitia. (gt/gt)