Jalin Silaturahmi Dengan Dinas Instansi Dengan Safari Tarling

Wonogiri – Kantor Kemenag Wonogiri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri mengadakan beberapa program dan kegiatan dalam rangka mengisi dan memeriahkan bulan suci ramadhan tahun 1438 H / 2017 M,  salah satunya Tarling (tarawih keliling) antar Dinas Instansi dan lembaga di Kabupaten Wonogiri agar bulan suci ramadan tahun ini betul-betul memberikan makna religius dalam kehidupan masyarakat Wonogiri.

Mengingat bulan suci Ramadhan  merupakan bulan yang penuh berkah, bulan suci yang penuh dengan limpahan rahmat, ampunan, dan karunia Allah SWT ini merupakan ladang amal shalih yang mampu mengantarkan umat muslim  kepada derajat ketakwaan

Menurut Kasi Bimas Islam Kankemenag Wonogiri, H. Haryadi di temui di ruangnya, Selasa (13/06) menyampaikan bahwa kegiatan Tarling antar Dinas Instansi dan lembaga di Kabupaten Wonogiri bertujuan dalam meningkatkan iman dan taqwa serta menjalin silahturahmi antara dinas instasi/SKPD dan Perusda di Wonogiri dengan warga masyarakat.

“Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, bulan suci yang penuh dengan limpahan rahmat, ampunan, dan karunia Allah SWT ini merupakan ladang amal shalih yang mampu mengantarkan umat muslim  kepada derajat ketakwaan,” terang Haryadi

Momentum tersebut harus di sauti dan di tangkap oleh Kantor Kemenag dan Pemerintah Daerah dalam upaya peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan keagamaan, mengajarkan nilai-nilai kebaikan sehingga bisa meningkatnya kualitas pemahaman keagamaan sehingga masyarakat diharapkan dapat terwujud dalam perilaku sosial umat beragama.

Sesuai hasil rapat akan diadakan dan di laksanakan tarling dinas instansi secara keliling sebanyak 16 putaran dengan di mulai di pendopo Kabupaten Wonogiri yang akan bertindak sebagai imam ketua MUI Kabupaten Wonogiri dan kultum Ka. Kankemenag Wonogiri dan akan dihadiri Bupati dan forum pimpinan daerah (Muspida) selain itu juga di adakan pengumpulan infak untuk kegiatan keagamaan di Wonogiri.

Romadhon dan Kesehatan Rohani dan Jasmani

Adapun tarling ke-8 Kamis kemarin (08/06) di laksanakan di Masjid As Syifa RSUD Wonogiri sebagai penanggungjawab DKK, RSUD, RS Marga Husada, UTD, Bank Jateng, PT BPJS, BPKAD dan PPPA.

Dalam inti tausiahnya, H. Mursyidi dari Kantor Kementerian agama menyampaikan bahwa keistimewaan bulan puasa ramadhan adalah bulan suci agung yang selalu dirindukan dan dinantikan kedatangannya oleh orang-orang beriman dan bertaqwa.

“Puasa mensucikan jiwa manusia dengan menjalankan suatu ibadah puasa, manusia telah memilih untuk menahan diri dari hal-hal yang sebenarnya halal untuknya,” kata Mursyidi.

Puasa melatih kesabaran inti dari kesabaran adalah menahan diri. Menahan diri dari dorongan untuk segera memiliki atau melakukan sesuatu yang negatif. Karena di saat melakukan ibadah puasa kita dituntut menahan diri untuk tidak memenuhi sesuatu yang menjadi kebutuhan pokok manusia sehari-hari yaitu makan dan minum. (Mursyid/Wul)