Sosialisasi Sarsipol

Jalin Sinergi, Kemeneg-Polres Banjarnegara Sosialisasikan Progam SARSIPOL

Banjarnegara – Sinergi antara lembaga adalah modal utama untuk melayani masyarakat dengan baik. Oleh karena yang demikian, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Kantor Kementerian Agama kabupaten Banjarnegara dan Polres Banjarnegara mengadakan sosialisasi Program Sarsipol. Sarsipol adalah singkatan dari Sehat Aman Rumah Sakit Indonesia Pelayanan Online.

Adapun sosialiasasi ini dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto, Kasi Bimas, Ali Mustofa, Kasi Penmad, Slamet Wahyudi, Kasi PHU, Muhammad Syafi’ Muslih, Kasi PD Potren, Zahid Khasani dan tiga polisi dari Polres Banjarnegara. (29/6)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto dalam kesempatan ini menyatakan bahwa sinergi Polres dan Kemenag Banjarnegara ini sudah terjalin sangat baik.

“Beberapa kali saya ngrobrol bareng dengan Kapolres Banjarnegara, Mas Fahmi untuk membahas sosialisasi Sarsipol ini. Tentu program ini akan berjalan karena adanya kedekatan tusi (tugas dan fungsi) antara Kemenag dan Polres,” Ungkapnya.

Lebih lanjut Suryo menerangkan bahwa Kemenag mempunyai tugas pembangunan dalam bidang agama dan Polres tentunya dalam keamanan dan ketertiban masyarkat.

“Namun akhir-akhir ada sebagaian oknum bertindak intoleran dengan mengatasnamakan agama. Dan tentunya akan menggangu ketertiban masyarakat. Oleh karenanya sinergi ini sangat penting untuk menjaga ketertiban masyarakat dengan pemahaman agama yang moderat,” ungkapnya.

Sementara itu, Budi Dermawan, anggota polisi dan pemateri sosialisasi ini mengatakan bahwa program Sarsipol ini sangat penting untuk dilaksanakan sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Sebagai contoh, misal ada pegawai Kemenag yang membutuh pengamanan kepolisisian cukup mendaftar melalui Sarsipol tanpa harus datang ke Polres, ada juga apabila mau perpanjang SIM, cukup juga melalui sarsipol ini,” ungkapnya.

Budi juga menambahkan bahwa sinergi antar lembaga pemerintahan itu sangat penting untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Saat ini sudah ada 18 Instansi Pemerintah yang bergabung dengan Sarsipol mulai dari Rutan, Rumah Sakit, ATN/BPR, Unisula, Pengadilan dan lain sebagainya, bahkan Ojol juga ikut bergabung dalam program Sarsipol, tentunya nantinya jasa pengiriman barang bisa cepat melalui Ojol,” tambahnya.

Di akhir acara, Suryo menambahkan bahwa nantinya untuk peresmian program Sarsipol ini, Beliau akan mengundang Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Tengah sehingga program yang baik ini bisa diadopsi diberbagai wilayah. (ak/rf)