Jamaah Calon Haji Jepara Mulai Diberangkatkan

Jepara – Jama’ah Haji asal Kabupaten Jepara mulai diberangkatkan pada Selasa (08/08/2017) siang. Rombongan dilepas dari pendopo Kabupaten Jepara menuju asrama haji Donohudan Solo oleh wakil bupati Jepara Dian Kristiandi dengan didampingi Forkopinda dan para pejabat terkait.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jepara Nor Rosyid mengatakan, “kloter 41 yang berjumlah 355 orang ini akan menempati maktab Aziziyah. Di kloter ini juga terdapat tiga Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD). Tahun ini,” katanya.

Jamaah haji asal Jepara berjumlah 1104 orang. Selain tergabung di kloter 41, ribuan calon jamaah haji Jepara tergabung di tiga kloter lainnya, yakni masing-masing kloter 93, 94 dan kloter 95. Untuk kloter 93 sejumlah 103 orang yang nanti akan bergabung dengan jamaah haji asal Kabupaten Rembang. Kloter 93 rencana akan berangkat pada 24 Agustus mendatang.tambahnya.

Kloter 94 yang terdiri dari 354 calon jamaah haji akan berangkat pada 25 Agustus. Sedangkan kloter 95 yang hanya terdiri dari 292 orang akan tergabung dengan calon jamaah haji yang tertinggal dari beberapa daerah. “Kloter 94 berangkat pukul 02.00 dan kloter 95 berangkat pukul 06.00 WIB,” jelasnya.

Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi berpesan agar calon jamaah haji menjaga kesehatan selama di Arab Saudi. Sebab, kondisi cuaca yang cukup ekstrim dengan suhu di atas 40 derajat celcius. “Menjaga kesehatan sangat penting agar bisa melaksanakan rukun haji dengan baik dan khusyuk,” ujar Andi.

Dalam kesempatan itu, Andi juga berharap agar calon jamaah haji bisa kembali dengan selamat. Andi juga berpesan agar calon jamaah haji menjaga kekompakan selama berada di tanah suci Mekkah. (jpr/bd)