Jamaah Haji Dihimbau Utamakan Kewajiban

Pemalang – Peserta manasik haji tingkat Kecamatan Moga dihimbau untuk selalu bersyukur. Himbauan tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kementeria Agama Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman saat memberikan materi dalam bimbingan manasik haji KUA Kecamatan Moga di Gedung NU Banyumudal, Moga hari Senin (10/7).

“Bapak Ibu sekalian jamaah calon haji harus banyak bersyukur, terlebih dengan melihat kondisi saat ini daftar tunggu haji mencapai belasan tahun. Anda mendaftar lima sampai enam tahun yang lalu tahun ini sudah bisa berangkat. Wujud syukurnya dengan mempersiapkan dan melaksanakan rangkaian ibadah haji sebaik-baiknya,” jelas Taufik.

Jamaah calon haji Kabupaten Pemalang terbagi ke dalam tiga kloter yaitu kloter 10, 54, dan 56. Kurang lebih sebulan lagi jamaah calon haji Kecamatan Moga akan berangkat ke Arab Saudi. Taufik meminta kepada para jamaah untuk memanfaatkan kegiatan manasik untuk saling mengenal.

“Manfaatkan kegiatan manasik haji untuk saling mengenal satu dengan lainnya, mengenal ketua regu, ketua rombongan, dan petugas haji. Jamaah juga harus tahu jelas dan lengkap ketika menyebutkan daerah asal, rombongan, regu, maupun nama embarkasi saat berada di Arab Saudi nanti. Hal ini akan kita rasakan manfaatnya ketika sedang menjalankan rangkaian ibadah haji,” terangnya.

Dalam melaksanakan ibadah haji, jamaah diminta untuk mengutamakan kewajiban daripada sunah. “Tidak usah memaksakan kegiatan atau ibadah sunah, yang tidak wajib sebelum melaksanakan ibadah wajibnya. Dimohon juga untuk tidak berbelanja barang-barang yang tidak dibutuhkan sebelum ibadah hajinya selesai. Intinya utamakan wajib dulu,” tegasnya.

Hal yang paling berat bagi jamaah menurut Taufik adalah setelah melaksanakan ibadah haji, ketika kembali ke tanah air. Haji merupakan ibadah pribadi namun bisa menjadi ibadah sosial. Untuk menjadi ibadah sosial, jamaah haji harus bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Pada hari Selasa dan Rabu esok, jamaah manasik haji Kecamatan Moga akan melaksanakan praktek rangkaian ibadah haji bersama jamaah manasik haji Kecamatan Pulosari. Praktek manasik akan dipandu oleh Mu’ala Hata, Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang periode 2003-2007. (fi/rf)