Jamaah Haji Kloter 21 Karanganyar Tiba di Kampung Halaman

Karanganyar – Setelah menempuh perjalanan jauh, Arab Saudi – Indonesia, Rombongan Haji Kloter 21 asal Bumi Intanpari mendarat di Bandara Adi Soemarmo pada pukul 16.24 WIB, (13/09). Kedatangannya disambut oleh Bupati Karanganyar beserta jajarannya dan Kepala Kementerian Agama. Setelah seremoni sesaat, rombongan bertolak ke Karanganyar dan disambut keluarganya di Masjid Agung Karanganyar.

Dalam sambutannya, Bupati Karanganyar mengucapkan selamat datang seraya berpesan agar segera istirahat di rumah agar kembali segar dan sehat.

“Selamat datang, saya berpesan segera istirahat yang cukup karena menempuh perjalanan lama, agar tubuh menjadi segar bugar”, kata Juliyatmono.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Karanganyar, Museri mengatakan bahwa dari total rombongan haji asal Karanganyar sebanyak 355 orang, satu diantaranya harus tertahan di Tanah Suci karena kendala kesehatan.

“Jumlah jamaah haji kloter 21 ini ada 355 orang, tetapi yang pulang ke Indonesia hanya 354, sebab ada satu orang yang masih di rawat di Rumah Sakit Makkah, yakni Toyo Sunaryo dari Colomadu. Yang bersangkutan menderita sesak nafas, anemia dan dehidrasi saat diperiksa petugas keehatan menjelang jadwal kepulangannya”, kata Museri.

Oleh petugas kesehatan, Toyo belum diperkenankan pulang dan harus memulihkan kondisinya dulu. Pemulangannya akan diikutsertakan ke rombongan selanjutnya yang memiliki kursi kosong pada gelombang pertama pemulangan haji tujuan Bandara Adi Soemarmo.

Museri juga mengatakan bahwa secara umum kondisi jamaah haji asal Karanganyar sehat, meskipun ada beberapa yang masuk golongan resiko tinggi (risti). Sampai berita ini diturunkan, tim humas mendapatkan informasi bahwa Toyo Sunaryo sudah sampai di Tanah Air bersamaan dengan Kloter 26 dalam keadaan sehat.

Setelah dari Donohudan, jemaah haji dengan naik bis yang difasilitasi  Pemerintah Kabupaten Karanganyar menuju ke tempat penjemputan keluarga masing-masing. Ada delapan bis yang digunakan, mengantar sampai Masjid Agung Karanganyar dan ada yang di Colomadu.

Panitia Haji Kabupaten Karanganyar juga meminta kepada seluruh jemaah untuk segera bergabung dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Karanganyar. (ida-hd/Wul)