Jamun, Jadikan Momentum PORSADIN Menuju Prestasi

Cilacap – Kontingen Pekan Olah Raga dan Seni Antar Diniyah Takmiliyah (Porsadin) Kabupaten Cilacap, Jumat (4/8) secara resmi dilepas Kakankemenag Kab Cilacap, Jamun di Halaman Kantor. Mereka akan berlaga pada Porsadin tingkat Provinsi Jawa Tengah (4-6/8) di Kabupaten Wonosobo.

Dalam sambutannya, dia memberikan motivasi kepada seluruh peserta dan pelatih. Walaupun sudah melakukan persiapan jauh-jauh sebelumnya, pengkondisian saat akan berlaga merupakan hal krusial. Hal ini menurutnya sangat penting untuk mengantisipasi ketidaksiapan mental. Sebagaimana diketahui bahwa, faktor mental sangat berpengaruh terhadap kemampuan peserta saat berlaga.

“Saya berpesan agar para pelatih dan peserta bisa memanfaatkan waktu dan kesempatan sebaik mungkin. Hal ini sangat penting untuk mengatur strategi dan pengkondisian mental. Seperti apapun rencana strategi dan persiapannya, tidak boleh mengesampingkan teknik pengkondisian detik-detik menjelang tampil. Tidak sedikit terjadi, saat berlatih mentalnya begitu baik, tiba-tiba saat tampil malah down. Itulah mengapa saat berlaga perlu adanya pendamping,”katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa peserta yang dikirimkan adalah santri santri terbaik hasil seleksi. Maka harapannya juga akan mendapatkan hasil yang terbaik. Karenanya kesempatan tersebut agar dijadikan momentum untuk kebangkitan dan pembuktian bahwa madrasah diniyah di Cilacap bisa mengukir prestasi di tingkat provinsi bahkan nasional.

Prinsipnya, dia  menekankan, jangan pernah merasa puas dengan apa yang telah diraih. Tetapi terus berjuang untuk kemenangan dan kesuksesan  berikutnya. Dia berharap semoga kontingen Porsadin Kabupaten Cilacap bisa pulang dengan membawa juara umum. Tetapi, ditambahkan hal yang lebih penting  adalah  pembentukan karakter yang kuat. Hal ini untuk membangun generasi muda yang kuat dibangun atas mental dan spiritual yang kokoh.

Kontingen Kabupaten Cilacap mengirimkan 29  peserta didampingi 15 official akan mengikuti seluruh cabang lomba yang dipertandingkan. Tim ini dikoordinasikan oleh Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Cilacap di bawah Seksi Pendidikan Diniah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Kabupaten Cilacap.

Ketua (FKDT) Kabupaten Cilacap, Maryono Mubarak, mengatakan para peserta telah dipilih melalui tahap penyeleksian di tingkat Kabupaten Cilacap yang diadakan di Kecamatan Jeruklegi. Mereka dijaring dari madrasah-madrasah diniyah takmiliyah di seluruh wilayah Cilacap.

Peserta yang akan berangkat ini adalah yang mendapatkan prestasi terbaik pada Porsadin Tingkat Kabupaten Cilacap.

“Inilah santri terbaik yang akan mewakili Kabupaten Cilacap di tingkat Provinsi Jawa Tengah,” ungkapnya. (mp/bd)

Kontingen PORSADIN Kab. Cilacap bersama Ka Kankemenag Cilacap