Jangan main-main dengan BOS dan BSM

Pemalang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kepala Madrasah Swasta, Kepala Ponpes Penyelenggara Program Wajardikdas dan Sosialisasi Penyaluran BSM Tahap II Tahun 2014 bertempat di aula SLB Pemalang, Senin kemarin (22/9/2014) mulai pukul 08.00-13.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh 152 orang kepala madrasah swasta/PPs terdiri dari 90 orang kepala MIS, 41 orang kepala MTsS, 12 orang bendahara MAS dan 12 orang kepala ponpes penyelenggara program wajardikdas di Kabupaten Pemalang.

Menurut Drs. Nur Ikhsan, Pelaksana Tugas Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan rakor ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan persamaan persepsi terkait BOS dan BSM antara madrasah swasta dan ponpes penyelenggara program wajardikdas dengan Kementerian Agama serta pihak terkait lainnya serta untuk mendapatkan masukan sebagai tindak lanjut penyelesaian penyaluran BSM Tahap II Tahun 2014 dan keselarasan kerja antara madrasah, Kantor Kementerian Agama dan PT. Bank BTN selaku pihak penyalur BSM.

Drs. H. Abdul Kodir, M.Pd.I. selaku Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, dalam sambutannya pada saat membuka acara kegiatan rakor ini menekankan agar madrasah dan ponpes penyelenggara program wajardikdas agar berhati-hati dalam hal penggunaan dan pelaporan BOS dan BSM. “Jangan bermain-main dengan bantuan sosial semacam BOS dan BSM. Penyaluran BOS dan BSM diawasi oleh banyak pihak baik inspektorat jenderal, BPK, BPKP, dan KPK. Bahkan LSM pun juga ikut mengawasinya”, ujar Abdul Kodir. Selanjutnya Abdul Kodir menghimbau agar madrasah dan ponpes jangan memanipulasi data peserta didik. “Jangan sampai ada madrasah yang memasukkan siswa madrasah lain yang belum punya ijin operasional ke madrasahnya sehingga jumlah siswanya bertambah dan mendapatkan dana BOS”, tegasnya.

Dalam kegiatan rakor dan sosialisasi BSM ini menghadirkan narasumber dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Hj. Nining Indrawati, S.Kom, M.AB yang menyampaikan materi tentang BOS Tahun 2014. Selain itu, Bank BTN Cabang Pekalongan menyampaikan sosialisasi pembukaan rekening BTN Cermat dan produk-produk BTN lainnya. (Khabib)