Jaring Siswa Berprestasi, MTsN 7 Klaten Adakan Try Out UN SD/MI

Klaten – Dalam rangka menyongsong tahun pelajaran 2019/2020, MTsN 7 Klaten mengadakan kegiatan Try Out UN (Ujian Nasional) bagi siswa SD/MI, sebagai ajang pemanasan bagi para peserta untuk menghadapi UN. Kegiatan yang diselenggarakan di komplek MTsN 7 Klaten, Minggu (30/3).

Ketua Panitia try out, Ahmad, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan program rutin tahunan menjelang pelaksanaan ujian di tingkat SD/MI, dengan mata pelajaran yang diujikan seperti halnya mapel yang diujikan pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

“Agenda tahunan ini dijadikan sebagai ajang latihan bagi para peserta dalam menghadapi ujian Sekolah/Madrasah sekaligus sarana silaturahmi siswa SD/MI di sekitar Kecamatan Jatinom,” jelas Ahmad.

Selain itu guna membantu siswa-siswi SD/MI dalam mempersiapkan USBN, karena soal-soal try out disusun berdasarkan kisi-kisi USBN SD/MI.

“Penyusun soal adalah guru SD/MI yang profesioanl dan terbiasa menyusun soal-soal ujian. Try out SD/MI ini bisa menjadi pemantapan soal bagi para siswa SD/MI menyongsong USBN,” papar Ahmad.

Mapel yang diujikan meliputi IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia. Untuk tahun ini peserta dari SD/MI berjumlah 856 siswa.

Kepala MTsN 7 Klaten, Sukidi, mengatakan try out ini untuk membantu siswa SD/MI agar memiliki kesiapan materi dan mental baik saat ujian dan ajang perkenalan bagi siswa SD/MI tentang keberadaan madrasah. Selain juga memperkenalkan kondisi terkini dari MTsN 7 Klaten kepada masyarakat secara luas.

“Kami memberikan perkenalan kepada peserta try out akan keunggulan dan prestasi yang telah diperoleh madrasah ini,” kata Sukidi bangga.

Setiap tahun ajaran baru, animo masuk MTsN 7 Klaten sangat tinggi. Mau tidak mau dengan keterbatasan ruang kelas dan daya tampung, sehingga banyak siswa yang tidak bisa masuk sebagai peserta didik baru.

“MTsN 7 Klaten merupakan madrasah unggulan di Klaten, mempunyai 8 kelas paralel perkelas, dan ada kelas unggulan. Ini bukti bahwa madrasah kita mempunyai kualitas yang baik,” tandas Kamad.

“Berharap, melalui try out ini, akan dapat terjaring calon-calon siswa baru berprestasi untuk melanjutkan pendidikannya di MTsN 7 Klaten,” ucapnya.(nh-aj/Sua)