Jateng Layak Jadi Juara, Pesan Kakanwil Saat Pelepasan Kontingen KSM Jateng

Semarang (Penmad) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani, secara resmi melepas kontingen Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Jawa Tengah pada Minggu (23/9), di Asrama Haji Transit Manyaran. Kontingen dilepas dalam rangka mewakili Jawa Tengah untuk mengikuti KSM tingkat Nasional yang akan berlangsung mulai tanggal 24 – 29 September 2018 di Bengkulu.

Dalam sambutannya, Farhani menuturkan, hal yang terpenting bagi kontingen adalah berdoa agar selalu diberikan kesesehatan. “Kesehatan menjadi hal utama agar dapat mengikuti kompetisi hingga selesai,” kata Farhani.

Selanjutnya Farhani berpesan, kepada para pendamping untuk memperhatikan kondisi anak-anak yang akan berkompetisi. “Anak-anak kita saat ini adalah ibarat mutiara yang telah kita persiapkan dan bekali dengan pendalaman materi untuk maju berkompetisi ke tingkat Nasional,” tutur Farhani.

Di hadapan lebih dari 84 anggota kontingen Jawa Tengah, Farhani mengatakan bahwa Jawa Tengah itu berbeda dengan provinsi-provinsi lain. Provinsi Jawa Tengah, menurut Farhani berbeda dengan Papua, Manado, Ambon, Padang.

“Jawa Tengah itu lebih maju dari beberapa provinsi di Indonesia, maka dari itu kita tidak boleh patah arang dan pesimis,” tegas Farhani.

Di akhir sambutannya Farhani menambahkan, Jawa Tengah itu layak menang dan menjadi juara. ”Target kita, Jawa Tengah harus masuk tiga besar, atau bahkan bisa dua besar, sehingga bisa membawa nama harum Jawa Tengah,” tandas Farhani.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Saifulloh menuturkan, anggota kontingen Jawa Tengah berjumlah lebih dari 84 orang yang terdiri dari 42 siswa yang akan berkompetisi, para pendamping siswa dan ofisial. Sedangkan cabang lomba terdiri dari 11 bidang perlombaan, yaitu: Biologi Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Geografi  Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, dan Matematika Terintegrasi untuk jenjang MA. Selanjutnya ada IPA Terpadu Terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi, dan Matematika Terintegrasi, untuk jenjang MTs. Sedangkan untuk jenjang MI adalah Matematika Terintegrasi, dan Sains IPA Terintegrasi. (asym/sua)