Jateng Segera Laksanakan Rekrutmen Calon Petugas Haji 2018 Berbasis Online

Semarang (PHU) – Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah akan segera melakukan rekrutmen calon petugas haji sebagai bagian dari rangkaian penyelenggaraan ibadah haji tahun 1439 H/ 2018 M. Rekrutmen calon petugas haji tahap awal akan dilakukan secara serentak oleh seluruh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah baik untuk petugas yang menyertai jemaah (petugas kloter) maupun Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Sholikhin mengatakan bahwa pola rekrutmen tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena dilakukan secara online.

“Rekrutmen petugas haji tahun ini menggunakan model Computer Assisted Test (CAT), dimana para calon petugas haji mendaftar sebagai petugas secara online melalui website. Kemudian dalam seleksi kompetensi tidak mengerjakan soal tes secara manual, tetapi menjawab soal melalui aplikasi yang disiapkan oleh Dirjen PHU dengan model CAT, yang didownload melalui smartpone versi android” terang Sholikhin pada rapat internal Bidang PHU, Selasa (13/02).

Dijelaskan, dengan tes model CAT ini peserta setelah mengerjakan soal dapat mengetahui berapa soal yang dapat dijawab dengan benar, dan mengetahui nilai yang didapat dari tes kompetensi tersebut. Hal ini dapat mengurangi subyektifitas dalam penyelenggaraan rekrutmen calon petugas haji. Dengan model CAT, peserta tidak dapat mencontek peserta tes yang lain, karena soal antara peserta satu dengan peserta yang lain berbeda, soal-soal tersebut sudah disiapkan oleh panitia seleksi pusat sebanyak 2.000 soal yang tersimpan dalam bank soal.

Dengan sistem CAT ini diharapkan mendapatkan calon petugas haji yang profesional dan berkualitas. Dalam mewujudkan program baru tersebut, Bidang PHU Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah telah mengirimkan beberapa personilnya yang akan dijadikan admin untuk mengikuti orientasi teknis pelaksanaan rekrutmen berbasis online di Jakarta. Selain itu, bersama dengan Kepala Kankemenag dan Kepala Seksi PHU Kabupaten/ Kota se-Jawa Tengah telah diadakan rapat koordinasi persiapan rekrutmen petugas haji, yang nantinya akan dilanjutkan dengan rapat koordinasi dengan operator Siskohat se-Jawa Tengah. Dari rapat koordinasi diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pembelajaran kepada para pelaksana seleksi di daerah, untuk diteruskan kepada calon petugas haji yang akan mengikuti seleksi petugas tahun ini.

“Mohon dukungan bersama dalam melaksanakan program ini, karena program ini merupakan manifestasi dari lima nilai budaya kerja Kementerian Agama. Lima nilai budaya kerja tidak hanya sebagai slogan saja, tetapi menjadi langkah nyata yang dilaksanakan,” harapnya (djs/gt)