Jawa Tengah Juara II Porsadin Nasional III Tahun 2017

Semarang (Inmas) – Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Republik Indonesia berkerjasama dengan Pengurus Pusat Forum Komunikasi Madrasah Diniyah Takmiliyah menyelenggarakan Pekan Olah Raga dan Seni Antar Diniyah  Nasional III (Porsadin Nasional III) pada tanggal 17-19 November yang dilaksanakan di Kabupaten Pasuruan Provinsi JawaTimur.

Jawa Tengah mengirimkan kontingen untuk mengikuti seluruh kegiatan tersebut dan berhasil menjadi juara kedua dengan perolehan medali 3 emas, 4 perak, 2 perunggu, dan 1 medali harapan 3. Untuk juara pertama,yaitu tuan rumah, Provinsi Jawa Timur dan juara ketiga Provinsi Jawa Barat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani sangat mengapresiasi atas capaian prestasi yang diraih.  Farhani menyerahkan piala, piagam dan uang pembinaan  secara ceremonial kepada para pemenang di acara apel pagi yang di laksanakan di Halaman Kanwil Kemenag Prov. Jateng pada Jum’at (24/11).

“Mereka ini assetnya Jawa Tengah karena mereka membawa nama harum Jawa Tengah,“ kata Farhani dalam sambutan pada apel pagi.

Prestasi yang diraih para pemenang tentunya tidak lepas dari usaha banyak pihak yang mendukung, utamanya para pelatih. Prestasi Jawa Tengah di Porsadin Nasional III juga merupakan hasil kerjasama yang baik dengan Forum Komunikasi Madrasah Diniyah Takmiliyah Provinsi Jawa Tengah.

“Saya menyampaikan penghargan yang setinggi-tingginya pada semua pihak yang mendukung kontingen Jawa Tengah sehingga bisa meraih juara II,” ucap Farhani.

Berikut nama pemenang dan capaian prestasi kontingen Jawa Tengah di Porsadin Nasional III tahun 2017 :

  1. Puisi Islami Putra Juara 1, atas nama M Septian Ilan Ilahi dariMadin Huda NU 03 Al Ma’arif Kab. Kendal
  2. Pusisi Islami Putri Juara 1, atas nama Harisma Hidayata dari Madin Miftahul Huda Kota Semarang.
  3. Cerdas Cermat Diniyah Juara 1, atas nama Naila Viya, Nawal Fachrotul Azzah, Afifah Nur Laili dari Madin Nurul Huda Kab. Magelang.
  4. MQK Putra Juara 1 atas nama An. M.Muwaffaq Asman Ali dari Madin Roudhotul huda Kab. Kendal
  5. Kaligrafi Putra Juara 2, atas nama M Mukhlis Ubaidussalam dari Madin Al Istikmal Kab. Temanggung.
  6. Kaligrafi Putri Juara 2, atas nama Najwa Salsabila Husna dari Madin Miftahudin Kab. Demak.
  7. Pidato Bahasa Indonesia Putra Juara 2, atas nama Wildan Muzakawali dari Madin An Nida Kota Salatiga
  8. Pidato Bahasa Indonesia Putri Juara 2, atas nama Popi Adisty dari Madin Nurul Huda Kab. Jepara
  9. Pidato Bahasa Arab Putra Juara 3, atas nama Jaisy Mumtaz Azmy dari Madin Miftahul Kab. Batang
  10. Lari Sprint Putri Juara 3, atas nama Silma Addaroini dari Madin Affan Fajaul Falah Kota Pekalongan

Apresiasi Kakanwil Kemenag Jateng pada Para Official Pendamping Porsadin

Pada kesempatan tesebut Kakanwil memberikan hak istimewa (privilege) kepada para official pendamping sebagai bentuk penghargaan atas segala usaha yang diberikan untuk atas nama Jawa Tengah dengan memberikan kesempatan mendaftar menjadi petugas haji di tahun depan.

“Kepada Kepala Bidang PHU (Penyelenggaraan Haji dan Umrah) dan Kepala Bidang PD Pontren (Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren) harap diperhatikan untuk memberi kesempatan kepada para official pendamping untuk diberikan kesempatan mendaftar menjadi petugas haji di tahun depan mungkin bisa melalui jalur pondok pesantren,” pinta Farhani.

Farhani menambahkan, tentunya prosedur tersebut tetap memperhatikan aturan dan ketentuan yang berlaku.(Wul/Wul)