Jawa Tengah Pertahankan Prestasi Pemilihan Keluarga Sukinah Nasional

Jakarta, (Hindu) – Pasangan Keluarga Trimo dan Rustanti Ningsih sebagai perwakilan Jawa Tengah mampu mempertahankan prestasi Jateng dengan menyabet Juara Pertama pada Pemilihan Keluarga Sukinah Nasional Tahun 2018, menyingkirkan pasangan keluarga dari 34 Provinsi Se- Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa s/d Kamis, 28-30 Agustus  2018, di Hotel Harper M.T. Haryono Hotel, Jl M.T Hayono Kav, 6-7 (Jl. Biru Laut X) Cawang Jakarta Timur.

Pada pengumuman hasil pemilihan Keluarga Sukinah Tingkat Nasional Tahun 2018, panitia menempatkan Jawa Tengah diurutan pertama, di ikuti oleh pasangan Jawa Timur di peringkat kedua, dan pasangan Kalimantan Tengah di peringkat ke tiga. Sedangkan pasangan D.I. Yogyakarta sebagai harapan satu, dan pasangan Nusa Tengara Barat sebagai harapan dua, dkemudian pasangan Sumatera Selatan sebagai harapan tiga.

Prestasi Jawa Tengah ini patut diapresiasi, karena dalam dua tahun berturut-turut mampu merebut juara satu. Ditahun sebelumnya pasangan I Nengah Wirta Dharmayana dan Suyatmi yang berhasil mendapatkan prestasi terbaik sebagai juara satu mewakili Jateng.

Pemilihan Keluarga Sukinah ini menurut Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI, I Ketut Widnya, adalah sangat penting.

“Keluarga Sukinah yaitu  “keluarga yang tetap utuh dan memiliki interaksi yang baik antar anggota keluarga.” Dalam ajaran Hindu, setelah seseorang melakukan Samskara Wiwaha, maka ada tempat tinggal pasangan suami-istri tersebut yang dinamakan rumah tinggal, atau yang lazim kita sebut sebagai rumah tangga yang didalamnya lengkap dengan kehidupan suami-istri dalam rumah tempat tinggalnya,” tutur Ketut. (Wahonogol/Sua)